Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Maritim Dorong Motor Listrik Gesits Dipakai BUMN

Kompas.com - 31/08/2019, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mendorong masyarakat untuk menggunakan motor listrik yang ramah lingkungan.

Luhut bahkan menyebut terus dukung masyarakat serta aplikator ojek online semisal Grab dan Gojek untuk menggunakan Gesits, yang merupakan motor listrik karya anak bangsa.

Baca juga: Konvoi Kendaraan Listrik di Monas, Gesits Dipakai 3 Menteri

"Bagus saya pikir, saya mendorong biar digunakan lebih banyak, apalagi Gesits ini merupakan buatan dalam negeri," kata Luhut di Pameran dan Parade Kendaraan Listrik di Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Hal tersebut disampaikan Luhut saat memimpin konvoi yang digagas Kementerian Perhubungan, menggunakan Gesits dengan rute Monas - Thamrin - Bundaran HI - Monas, menggantikan Presiden Joko Widodo.

"Ayo kita dorong lagi buatan dalam negeri. Saya rasa pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap hal ini," kata Luhut.

Baca juga: Onderdil dan Aksesori Honda Diskon Hingga 90 Persen di Otobursa 2019

Luhut mengatakan, salah satu bentuk dukungan pemerintah nantinya yaitu dengan membeli Gesits untuk dipakai di BUMN atau instansi pemerintah lain. Namun nanti saat infrastrukturnya sudah memadai.

"Ya nanti kalau infrasturktur sudah siap mengangkut charging, saya sampaikan akhir tahun 2020 atau awal 2021 pemerintah akan kasih contoh untuk memakai mobil dan motor listrik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com