Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Fungsi Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 25/01/2020, 18:05 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomatis, pada umumnya dilengkapi dengan pengunci di bagian tuas, yang berfungsi untuk memindahkan posisi gigi.

Transmisi otomatis ini biasanya memiliki dua model, yaitu gate (zigzag) atau straight (lurus). Tetapi biasanya transmisi straight terdapat tombol pengunci. Lantas, untuk apa fungsinya?

Baca juga: Jangan Remehkan Gantungan Pelat pada Kunci Mobil Baru

Menurut Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) pada dasarnya fungsi tombol tuas tersebut adalah mencegah transmisi berpindah secara tidak sengaja.

“Pengunci tombol tersebut berfungsi sebagai keamanan, untuk menghindari kalau kita tidak sengaja menyenggol tuas tersebut atau tergeser tidak sengaja. Sedangkan kalau yang gate memang jarang yang menggunakan tombol pengunci, karena agak sulit untuk tergeser secara tidak sengaja,” ujar Anjar kepada KOMPAS.com, Sabtu (25/01/10)

Baca juga: Di Balik Kelebihannya, Ini Kelemahan Immobilizer pada Mobil

tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matikKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda tombol pengunci yang ada pada tuas transmisi matik

Hal ini juga dibenarkan oleh Didi Ahyadi selaku Dealer Technical Sepport Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM). Menurut dia, ketika transmisi berpindah dari P (Parkir) ke N (Netral) pengemudi harus menekan tuas pengunci tersebut.

“Jika tidak ada pengunci, ketika tuas tidak sengaja tersenggol bisa saja membuat mobil langsung bergerak dan akan berbahaya bagi si pengemudi dan penumpang” ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com