Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Remehkan Gantungan Pelat pada Kunci Mobil Baru

Kompas.com - 25/01/2020, 17:17 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pembeli mobil baru zaman now, khususnya yang sudah dilengkapi dengan sistem smart key atau immobilizer, biasanya mengabaikan fungsi dari alat ini. Wujudnya kecil, menyerupai gantungan kunci biasa, berupa pelat dengan embos deretan nomor yang punya fungsi krusial.

Jadi, ketika seseorang yang membeli mobil baru, biasanya akan mendapat dua kunci dengan satu gantungan kunci yang kecil. Pertama, kunci utama, kemudian cadangan, dan gantungan  pelat.

Banyak orang yang belum mengerti apa kegunaan dan fungsi dari gantungan pelat nomer tersebut. Pelat nomer kunci ini terbuat dari besi stainless atau aluminium yang di permukaannya terdapat embos sejumlah deretan angka, semacam kode.

Baca juga: Kenali Masalah dan Solusi saat Smart Key Mobil Tak Berfungsi

Angka-angka ini memiliki fungsi yang sangat penting karena merupakan seri produksi dari pembuatan kunci.

Pelat nomer kunci ini sangat berguna, ketika pengemudi ingin mendapat anak kunci pengganti. Jadi proses duplikasinya akan lebih cepat dengan adanya nomer seri pada pelat itu,” ujar Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com, Sabtu (25/02/2020)

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart Entry Key, Start Button, dan Immobilizer

Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam car from japan Ilustrasi kunci mobil tertinggal di dalam

Selain itu Anjar juga menyarankan ketika mendapat pelat nomer tersebut, sebaiknya segera dilepas dan simpan di tempat yang aman untuk menghindari terjadinya kehilangan.

Anjar melanjutkan, meski terlihat seperti gantungan pelat biasa yang cenderung tidak menarik, namun fungsinya hampir sama seperti kunci duplikat. Jadi ketika kedua kunci utama hilang karena berbagai sebab, pemilik kendaraan bisa meminta kunci baru hanya dengan memperlihatkan gantungan ini.

Gantungan ini jadi semacam alat legetimasi, untuk bisa meminta kunci baru dengan immobilizer ke bengkel resmi, tanpa harus membeli perlengkapan rumah kunci baru yang harganya bisa hingga jutaan rupiah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com