Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Ini Disulap Jadi Kendaraan Penarik Tank TNI

Kompas.com - 25/01/2020, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Selain memiliki proyek Gran Max double cabin, karoseri Delima Jaya Group juga sedang mengerjakan kendaraan penderek tank, untuk Tentara Nasional Indonesia (TNI). Basis yang digunakan berasal dari Mercedes-Benz Arocs 4048 S 6X6.

Nurdin, Product Engineering dari karoseri Delima Jaya Group di Bogor mengatakan, Arocs ini pesanan langsung dari Jerman dan dimodifikasi menjadi double cabin. Keperluan utamanya, yaitu untuk menderek tank.

“Truk ini pesanan TNI, mau dimodifikasi jadi double cabin dan keperluannya untuk menarik tank,” ucap Nurdin kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Gran Max Jadi Double Cabin Cuma Rp 30 Jutaan

proses modifikasi arocs militaryKompas.com/Fathan Radityasani proses modifikasi arocs military

Spesifikasi dari Mercedes Arocs ini memiliki sedikit perbedaan mesin yang dijual di Indonesia. Arocs yang digunakan, yaitu tipe 4048 S dengan mesin 12.800 cc, 6 silinder segaris yang mengeluarkan tenaga 476 HP dan torsi sebesar 2.300 Nm. Tenaga yang dihasilkan lalu disalurkan melalui transmisi otomatis Mercedes Powershift 3.

Baca juga: Alasan RV dengan Sasis Truk 4 Roda Paling Ideal di Indonesia

Winston Wiyatna, Managing Director Delima Jaya Group menambahkan kalau tipe Arocs ini yang military spec dan special order langsung ke Daimler AG di Jerman.

“Arocs yang military spec perbedaannya ada di penggerak, untuk truk ini penggerak enam roda atau 6X6. Tidak seperti yang dijual di Indonesia karena ini pesanan khusus untuk militer,” kata Winston kepada Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com