Di Balik Kelebihannya, Ini Kelemahan Immobilizer pada Mobil

Kompas.com - 25/01/2020, 14:02 WIB
Immobilizer merupakan sistem keamanan mobil pada komponen kunci. Ghulam/OtomaniaImmobilizer merupakan sistem keamanan mobil pada komponen kunci.

JAKARTA.KOMPAS.com - Immobilizer merupakan salah satu fitur canggih yang ada pada mobil keluaran terbaru. Berbeda dengan kunci model standar pada umumnya, kunci mobil ini sudah dirancang menggunakan sistem enkripsi elektronik sehingga akan jauh lebih aman.

Pada kunci immobilizer di dalamnya terdapat transponder chip yang memiliki kode khusus dan terpasang di dalam mobil. Jika kode dalam kunci dan mobil cocok, maka mesin mobil akan menyala.

Baca juga: Kenali Perbedaan Smart Entry Key, Start Button, dan Immobilizer

Namun ada salah satu kelemahan dari fitur ini, Menurut Didi Ahadi selaku Dealer Technical Sepport Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), jika seluruh kunci immobilizer hilang, biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya tidak sedikit.

Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizerKompasOtomotif - AFH Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer

“Ketika baru membeli mobil, biasanya akan diberikan 2 kunci. Kalau semua kuncinya hilang harus diganti ECU, sehingga semuanya harus dari nol lagi karena tidak ada data awal, atau data kunci yang pernah digunakan. Jadi pasti akan menelan banyak biaya karena tidak bisa cuma diganti kuncinya saja,” ujar Didi.

Baca juga: Ini Penyebab Utama Ban Mobil Benjol

Namun Didi menjelaskan, jika pengemudi masih memiliki kunci immobillizer kemudian ingin menduplikasi hal tersebut bisa dilakukan.

“Nanti data yang lama di hapus, kemudian kita re-program lagi yang baru,” ujar Didi.

Didi menambahkan, sebaiknya kunci immobilizer dijaga dengan baik agar tidak jatuh ke tangan orang lain. Sebab jika seperti itu, tidak menutup kemungkinan akan kehilangan mobil kesayangan, karena bisa disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X