Sejarah Honda PCX, dari CBU Thailand, Vietnam sampai Produksi Lokal

Kompas.com - 19/01/2020, 12:01 WIB
All-New Honda PCX Febri Ardani/KompasOtomotifAll-New Honda PCX
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lama dinanti, harga Yamaha NMAX tipe standar akhinya keluar yaitu Rp 29,5 juta. Artinya tinggal menunggu tipe satunya lagi, yaitu NMAX connected/ABS yang masih dirahasiakan.

Peluncuran NMAX generasi baru pada akhir tahun lalu membuat peta persaingan skutik bongsor kelas 150cc jadi makin ketat. Walau diketahui, di kelasnya NMAX belum tergoyahkan.

NMAX boleh jadi penguasa jalan, namun Honda PCX 150 yang membuka jalan.

Baca juga: Honda PCX Bakal Dibekali Airbag

Honda PCX pertama kali hadir di Indonesia pada pertengahan 2010. Saat itu Astra Honda Motor (AHM) mengimpor langsung dari Thailand. Kubikasinya waktu itu masih 125cc.

All New Honda PCX meluncur di Jakara Fair 2014 impor VietnamFoto: Febri Ardani Saragih All New Honda PCX meluncur di Jakara Fair 2014 impor Vietnam

Kehadiran PCX 125 tidak lama. Hanya selang dua tahun yakni sampai 2012, PCX 125 kemudian pensiun dan diganti dengan kubikasinya yang lebih besar yaitu PCX150. Unitnya masih dimpor dari Thailand.

Pada 2014, PCX 150 kembali mendapat penyegaran dan kini mulai diimpor dari Vietnam. Karena itu di Indonesia ada dua PCX 150 CBU, yakni Versi Thailand dan Vietnam. Persamaan keduanya yaitu sama-sama mahal.

Saat meluncur, PCX versi CBU Thailand dibanderol sekitar Rp 32 jutaan, sedangkan yang CBU Vietnam Rp 38 jutaan. Sehingga sampai saat ini PCX CBU bisa dikatakan skutik premium.

Honda PCX 150 VietnamKOMPAS.com/Gilang Honda PCX 150 Vietnam

Walau harganya mahal, tanpa disangka, PCX150 edisi Vietnam saat itu mampu menorehkan penjualan yang lumayan yakni terjual 3.240 pada 2014. Medio 2015-2017 Honda tetap mengimpor PCX150 ke Indonesia, namun volumenya tidak besar.

Baca juga: Honda PCX Terendam Banjir, Biaya Servis Tembus Jutaan Rupiah

Penjualan PCX150 kemudian merosot setelah Yamaha NMAX resmi meluncur pada 2015. Harga lebih murah, tampilan yang maskulin, bodi bongsor dan sama-sama dari pabrikan Jepang membuat konsumen melirik.

Astra Honda Motor sudah pasti mengantisipasi kehadiran NMAX yang gegap gempita, karena dalam waktu singkat NMAX jadi tulang punggung baru penjualan Yamaha di Indonesia.

Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).KOMPAS.com / Aditya Maulana Peluncuran Honda PCX 150 di Mal Ciputra, Grogol, Sabtu (10/3/2018).

Namun riset dan pengembangan tidak mudah. Butuh banyak perencanaan dan strategu bisnis. Akhirnya pada 2018, Honda PCX meluncur mambawa nama All New PCX dan diproduksi di Indonesia.

Harganya turun jauh daripada versi CBU. Honda PCX pun mulai menunjukkan taji untuk bertarung dengan NMAX. Kini NMAX berevolusi dan mengeluarkan generasi baru dengan teknologi terkini.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X