Honda PCX Terendam Banjir, Biaya Servis Tembus Jutaan Rupiah

Kompas.com - 04/01/2020, 09:52 WIB
lampu terendam banjir Fathanlampu terendam banjir

JAKARTA, KOMPAS.comSepeda motor menjadi korban yang terendam banjir di Jakarta dan sekitarnya. Dari berbagai jenis yang terdampak banjir, Honda PCX salah satunya.

Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta, mengatakan, kalau ada sepeda motor yang terendam total, selain menghadapi potensi masalah pada mesin, rem, dan sistem kelistrikan. Juga ada potensi lain, yakni air masuk pada lampu depan.

Contoh yang terakhir dijumpai KOMPAS.com, ketika berkunjung ke bengkel AHASS Jakarta, milik Astra Motor Center Jakarta, di Cawang, Jakarta Timur, Jumat (3/1/2020).

 

“Ada dua motor PCX yang motornya terendam total dan air masuk ke lampu depan. PCX yang pertama masih model lama dan masih bohlam, yang kedua model yang baru sudah full LED,” ucap Gofur kepada Kompas.com.

Baca juga: Pentingnya Pembilasan Oli pada Motor yang Terendam Banjir

air dalam lampuFathan air dalam lampu

PCX lawas yang masih menggunakan sistem lampu bohlam, kata Gofur, lebih mudah untuk diperbaiki karena ada lubang yang bisa mengeluarkan air di bagian belakang housing-nya. Sedangkan, untuk PCX lansiran terbaru yang sudah dilengkapi lampu LED, air yang masuk sulit untuk keluar. Memang ada lubang, namun hanya digunakan untuk udara.

“Motor yang sudah LED lampunya tidak bisa dibuka secara peretelan, jadi harus ganti satu set lampu dan harga dari lampunya sendiri juga sudah lumayan,” kata Gofur.

Untuk suku cadang lampu LED baru Honda PCX terbaru, harganya Rp2.650.000. Biaya ini belum termasuk pemeriksaan, jasa, oli, serta suku cadang lain yang potensial menuntut untuk pergantian juga. 

Pihak bengkel, kata Gofur, mengembalikan lagi kepada konsumen, apakah mau mengganti atau tidak lampunya. 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X