Mengatasi Oversteer dan Understeer Saat Naik Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 09/01/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan ShutterstockIlustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang cukup tinggi membuat potensi kecelakaan saat berkendara meningkat. Salah satu penyebabnya adalah oversteer dan understeer saat mengendarai sepeda motor.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), mengatakan, oversteer dan understeer adalah sebuah fenomena selip. Menurutnya, selip adalah keadaan di mana salah satu atau kedua roda berkurang cengkraman atau traksinya.

Baca juga: Kenali Gejala Oversteer dan Understeer pada Motor di Musim Hujan

" Oversteer adalah selip yang terjadi di roda belakang. Sedangkan understeer, kondisi selip yang selalu terjadi pada roda depan," ujar Jusri, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi berkendaraOtomania/Setyo Adi Ilustrasi berkendara

Jusri menambahkan, cara penanganan oversteer harus ketahui dulu penyebabnya apa. Kalau akselerasi yang terlalu cepat, harus tutup gas atau kopling.

"Kalau direm, nanti malah terkunci. Kalau penyebabnya karena rem belakang yang terkunci, maka remnya yang harus dibuka," kata Jusri.

Baca juga: Risiko bila Suspensi Motor Kemasukan Air, Bantingan Jadi Keras

Lalu, untuk mengatasi understeer, jika diakibatkan oleh dorongan roda belakang, tinggal rem saja atau kurangi kecepatan. Jusri menyarankan untuk meluruskan posisi motor, sehingga antara roda depan dan roda belakang menjadi sejajar.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, tentu harus lebih berhati-hati saat berkendara. Perhatikan cara berkendara, batas kecepatan, dan lingkungan sekitar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X