Kisaran Biaya Servis Mobil yang Kebanjiran di Bengkel Umum, Mulai Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 08/01/2020, 12:04 WIB
Banjir akibat luapan Kali Lamong yang melanda Kecamatan Benjeng, Gresik, Selasa (7/1/2020). KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHBanjir akibat luapan Kali Lamong yang melanda Kecamatan Benjeng, Gresik, Selasa (7/1/2020).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah dealer resmi mulai menawarkan paket servis mobil yang rusak karena terdampak banjir. Sebagai alternatif, tak ada salahnya untuk melirik paket servis yang ditawarkan bengkel umum.

Meski dari segi harga relatif sama, perawatan mobil usai banjir di bengkel umum dirasa lebih singkat pengerjaannya.

Sebab, bengkel resmi terpantau sedang kewalahan menerima mobil customer yang jumlahnya mencapai ratusan hingga ribuan mobil.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Manfaatkan Diskon Servis di Dealer Toyota

Ilustrasi servis mobil di Bengkel CarfixIstimewa Ilustrasi servis mobil di Bengkel Carfix

“Pengerjaan sekitar 7 hari, yang memakan waktu lama itu bagian interior, terutama pembersihan jok, karena harus menunggu benar-benar kering supaya tidak bau,” ucap Sigit Wahyu Anggoro, Group Head Marketing CARfix Indonesia, kepada Kompas.com belum lama ini.

Ia mengatakan, CARfix merupakan bengkel umum yang melayani semua jenis servis mobil, baik itu servis rutin hingga perbaikan karena terendam banjir.

Soal perbaikan karena banjir, biaya jasanya dibagi dalam tiga level. Level Lite (ringan) yang paling rendah saat air masuk interior dan hanya membasahi karpet dasar.

Baca juga: Daihatsu Buka Program Servis Mobil yang Terendam Banjir

Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.dok. Bengkel Brum-Fendryss Mobil kebanjiran yang masuk bengkel untuk dibersihkan.

Sementara Level Medium (menengah) saat air telah menyentuh bagian jok, doortrim, hingga dasbor. Sedangkan Level Hard (berat) ketika seluruh bagian interior basah atau telah menyentuh plafon mobil.

“Kami ada pembagian kelas mobil dari A sampai C, berdasarkan tipe dan ukuran. Biayanya mulai dari Rp 2 jutaan untuk mobil seperti city car atau MPV,” kata Sigit.

Berikut ini biaya perbaikan mobil yang terendam banjir di bengkel CARfix:

Tipe A untuk mobil-mobil mewah seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan lain-lain.
Lite = Rp 3,5 juta; Medium = Rp 5,8 juta; Hard = Rp 6,7 juta

Tipe B untuk mobil-mobil kelas menengah seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lain-lain. Lite = Rp 2,9 juta; Medium = Rp 5 juta; Hard = Rp 5,9 juta

Tipe C untuk mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan lain-lain. Lite = Rp 2,2 juta; Medium = Rp 3,6 juta; Hard = Rp 4,5 juta

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X