Daihatsu Buka Program Servis Mobil yang Terendam Banjir

Kompas.com - 08/01/2020, 07:42 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta KOMPASIlustrasi banjir Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada awal 2020 menimbulkan kerugian, khususnya mobil yang terendam hingga terseret arus air.

Bagi pemilik kendaraan yang terendam banjir, diimbau untuk segera lakukan perbaikan. Pasalnya, jika terlalu lama didiamkan akan semakin banyak kerusakan yang timbul dan membuat pengeluaran makin membengkak.

Guna meringankan beban korban, PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) menyediakan paket jasa servis. Program khusus pemilik mobil Daihatsu ini diselenggarakan hingga 29 Februari 2020.

"Pada program ini, pemilik mobil Daihatsu dapat memeriksakan kendaraannya secara Gratis. Kemudian, ada beberapa benefit berupa potongan harga atau diskon," kata Head Product Improvement Technical Service Division PT ADM Bambang Supriyadi melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Baca juga: Ini Kerusakan Mobil Paling Banyak Akibat Banjir Jakarta

(Ilustrasi) Pengecekan dilakukan di Astra International DSO Samarinda. Stanley Ravel/KompasOtomotif (Ilustrasi) Pengecekan dilakukan di Astra International DSO Samarinda.

Adapun keuntungan lainnya, ialah diskon 15 persen khusus layanan jasa, komponen, dan oli. Diskon 20 persen khusus pembersihan kabin dan layanan salon mobil.

Menurut Bambang, mobil-mobil konsumen yang terkena banjir akan dilakukan pemeriksaan lebih dahulu sebelum dilakukan tindakan. Setelah mendapatkan informasi detail kondisi mobil, perbaikan dilakukan dengan dua cara yaitu menghilangkan bekas banjir dan mengganti beberapa suku cadang.

Untuk ongkos pembersihan dek sampai pengeringan, Daihatsu mematok kisarannya sebesar Rp 800.000. Sementara bila banjir sampai merendam interior dan mengenai jok, biayanya akan mencapai Rp 6 jutaan.

Baca juga: Bisakah Mobil yang Terendam Banjir Kembali Normal 100 Persen?

Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur Daihatsu Xenia Facelift resmi meluncur

"Dalam kasus ini, contohkan saja Xenia. Biaya untuk pembersihan Rp 1 juta, sementara pengantian jok sebanyak tiga barus bisa Rp 6 juta," kata dia.

"Untuk jok plus, kalau kendaraan bekas banjir walau masih bisa dipakai pasti ada efek negatifnya. Seperti busa yang lebih mendam (bantat), bau, dan tidak senayaman seperti awal. Tapi biasanya memang orang memilih membersihkan dibandingkan ganti baru karena mengejar fungsinya serta menekan pengeluaran yang lebih mahal," ujar Bambang.

Bila banjir merendam sampai sektor mesin, Bambang menyarankan ada beberapa pergantian penting selain dibersihkan, yakni oli mesin, oli gardan, dan oli transmisi. Tapi bila ternyata air juga merendam sektor kelistrikan, terutama Electronic Control Unit (ECU), maka pemilik Xenia harus merogoh kantong hingga Rp 2,8 juta.

"Maka dengan adanya pemberian potongan harga, beban tersebut bisa dikurangi. Lebih lanjut, konsumen bisa menghubungi layanan panggilan darurat 24 jam melalui call center Astra World di 1500898," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X