Tilang Elektronik Segera Berlaku di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 06/01/2020, 07:32 WIB
Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek Stanly-Kompas.comPelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sudah beroperasi dan menjalin kesepakatan dengan Polda Metro Jaya, namun sampai saat ini penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) di Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Elevated II, ternyata belum berlaku.

Padahal, semenjak dibuka pada 15 Desember 2019 sampai dengan saat ini, sudah banyak jenis pelanggaran lalu lintas yang terjadi. Paling mudah ditemui mengenai kebiasaan buruk menyalip kendaraan dari bahu jalan.

Ketika mengkonfirmasi soal ini, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, juga menayatakan bila sistem tilang ETLE di tol layang terpanjang di Indonesia tersebut masih belum berjalan.

Baca juga: Terapkan ETLE, Batas Kecepatan di Tol Layang Jakarta-Cikampek Cuma 60 Kpj

"Untuk ETLE di tol layang atau elevated itu belum aktif sampai sekarang, tapi kita sudah ada kerja sama memang dengan Jasa Marga," ucap Yusuf saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/1/2020).

Tol layang Jakarta-Cikampek KOMPAS.com/Gilang Tol layang Jakarta-Cikampek

Ketika ditanya kapan penerapannya akan benar-benar dimulai, Yusuf hanya mengatakan bila hal tersebut tergantung dari pihak Jasa Marga. 

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, ikut menjelaskan bila adanya kesepakatan penerapan ETLE bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan penegakan hukum lalu lintas.

Baca juga: Kondisi Tol Layang Arah Jakarta [VIDEO]

"Dalam penerapan ETLE ini, Standard Operating Procedure (SOP) juga sangat penting. SOP tersebut nantinya diharapkan bisa digunakan untuk moda-moda transportasi lainnya. Penerapan sistem ETLE dan sistem Electronic Registration and Identification (ERI) ini juga mendukung implementasi pembayaran tol dengan Sistem Multi Lane Free Flow ke depannya," kata Danang pada Desember 2019.

Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-CikampekStanly-Kompas.com Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Tak hanya Danang, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, juga berharap bila sistem tilang elektronik bisa memberikan dampak positif bagi pengguna jalan tol. Paling utama untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas.

"Kami berharap dengan ETLE yang diterapkan di jalan tol ke depannya, pengguna jalan tol juga dapat semakin tertib lalu-lintas, menurunkan tingkat kecelakaan, dan pelanggaran lalu lintas, seperti batas kecepatan, batas muatan kendaraan, penggunaan safety belt, dan handphone saat mengemudi," ujar Desi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X