Mengendarai Mobil Saat Hujan Jangan Matikan AC, Ini Fungsinya

Kompas.com - 28/12/2019, 09:02 WIB
Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan bmwbmw.orgKaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengendarai mobil yang utama adalah memastikan keamanan jarak pandang. Tetapi, bagaimana halnya jika tiba-tiba hujan turun dan membuat kaca mobil menjadi berembun.

Kondisi ini tentunya berbahaya karena bisa mengurangi jarak pandang seorang pengemudi. Apalagi saat berkendara di malam hari dan minim penerangan jalan.

Selama ini ternyata masih banyak pengemudi yang kurang paham atau belum tahu bagaimana cara menghilangkan embun pada kaca di saat hujan turun. Padahal, untuk menghilangkan embun pada kaca tersebut cukup mudah.

Baca juga: Kaca Mobil Jamuran? Ini Jurus Penangkalnya

Embun yang menutup kaca mobil tersebut disebabkan karena adanya perbedaan suhu antara udara di kabin dan di luar. Di mana suhu di luar kabin saat hujan lebih dingin dibandingkan dengan di kabin.

Ilustrasi AC mobildjedzura Ilustrasi AC mobil
Penjelasan ini disampaikan langsung oleh Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok, Deni Andrian, kepada KOMPAS.com, belum lama ini. 

Kata Deni, salah satu langkah tepat untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyalakan sistem penyejuk udara atau air conditioner ( AC).

“Tujuannya agar kaca mobil tidak berembun. Sebab embun di kaca mobil dianggap bisa mengganggu jarak pandang,” kata Deni.

Baca juga: Jangan Lupa, Ban Serep Juga Perlu Dirawat

Maka dari itu, Deni pun menyarankan kepada pemilik mobil agar tetap menyalakan AC saat hujan. Dengan menyalakan AC maka embun akan hilang dengan sendirinya. Meskipun membuka kaca, perbedaan suhu yang jauh antara kedua ruangan membuat embun sulit hilang.

"Kalau tidak akan berembun karena ada perbedaan suhu antara di dalam dengan luar kendaraan," katanya.

Fungsi DefoggerStanly/Otomania Fungsi Defogger

Baca juga: Hindari Pengemudi dengan 7 Perilaku yang Berbahaya di Tol

“Tentu saja tidak perlu sampai posisi full. Paling tidak suhunya harus lebih dingin di dalam kendaraan agar kaca tidak berembun," kata Deni.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X