Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Mobil Jamuran? Ini Jurus Penangkalnya

Kompas.com - 18/11/2015, 08:40 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Munculnya bercak yang disebabkan oleh jamur di kaca mobil, bisa disebabkan oleh air hujan yang bercampur dengan debu dan kotoran kemudian kering dengan sendirinya akibat terik sinar matahari.

Tapi jangan khawatir sebab datangnya jamur itu bisa dicegah. Nah, bagi Anda yang belum tahu, Kelik petugas poles bodi dan kaca mobil di Pusat Onderdil ITC Fatmawati akan memberikan caranya. Berikut penjelaskannya.

Pertama-tama, menurut Kelik, jika mobil sudah terkena air hujan maka usahakan jangan sampai kering oleh sinar matahari. Jadi setelah hujan dan kembali bertemu dengan sinar matahari, kaca mobil disiram dengan air bersih, kemudian dilap sampai kering.

“Jadi misalnya hujannya sudah berhenti di daerah lain, lalu sinar mataharinya ada lagi, usahakan berhenti dulu. Siram kacanya dengan air bersih, kemudian lap lagi sampai kering. Setelah itu bisa langsung meneruskan perjalanan lagi,” kata Kelik saat ditemui KompasOtomotif di pusat onderdil ITC Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (16/11/2015) lalu.

Terakhir, jika sepanjang jalan hingga ke garasi rumah masih hujan, usahakan kaca mobil tetap dibersihkan menggunakan air bersih, setelah itu dilap sampai kering.

“Jadi usahakan setiap sampai di rumah walaupun hujannya belum reda, kaca mobilnya di bersihkan lagi menggunakan air bersih yang ada di rumah. Kalau bisa seluruh bodinya biar menjaga keawetan warna,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com