Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Tanggapi Ribuan Moge yang Menunggak Pajak

Kompas.com - 24/12/2019, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta gencar menggelar razia pajak kendaraan dan mendapatkan ada ribuan motor gede (moge) yang masih menunggak pajak.

Sukoco Suroso, Ketua Motor Besar Indonesia (MBI) DKI Jakarta, mengatakan, pada dasarnya teman-teman di komunitas tinggal mengikuti saja mengenai kewajiban pembayaran pajak. Menurutnya, besaran pajak kendaraan untuk moge juga tidak terlalu besar.

Baca juga: Ribuan Moge Belum Bayar Pajak, Tunggakan Hingga Rp 10 Miliar

"Untuk moge-moge yang terbilang motor lama atau motor tua sih pajaknya tidak begitu besar, sekitar Rp 5 jutaan. Untuk yang motor baru, paling sampai Rp 15 jutaan," ujar Sukoco, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para bikerseva.id Parkir motor khusus moge mulai menjamur di beberapa lokasi incaran para biker

Sukoco menambahkan, untuk moge, alasan menunggak pajak mungkin karena banyak yang telat bayar. Sebab, banyak karakter dari pemilik moge yang jarang menggunakan motornya. Sehingga, sering kali lupa membayarkan pajaknya.

Sahat Manalu, Advisor Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter, mengatakan, alasan dari teman-teman pemilik moge adalah sudah bayar pajak mahal tapi belum bisa merasakan benar-benar benefitnya.

Baca juga: Ribuan Pemilik Moge Masih Menunggak Pajak, Simak Lagi Tarif PPnBM

"Misalnya, jalan macet terus, tidak diperbolehkan masuk tol. Itu harapan sih, tapi tentunya ada perdebatan di situ. Sebab, jalan tol kan bukan hanya masalah cc," kata Sahat.

Sahat menambahkan, sebagai komunitas, dirinya mendukung pemungutan pajak kendaraan dan memang harus dibayarkan. Tapi kembali lagi, pemerintah juga harus mengiringinya dengan perbaikan-perbaikan yang diperlukan pemilik moge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com