Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Moge Tabrak Nenek dan Cucu, Ini Etika Berkendara yang Benar

Kompas.com - 16/12/2019, 18:54 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama, ini terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor gede (moge) dengan pejalan kaki yang merupakan seorang nenek bersama cucunya. Kejadian ini hingga mengakibatkan hilangnya nyawa seorang nenek tersebut.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, kecelakaan tersebut terjadi karena pengendara kurang memprediksi bahaya saat berkendara. Sehingga, ketika melaju dalam kecepatan tinggi, tidak dapat menghindari pejalan kaki yang menyeberang jalan.

Baca juga: Nenek dan Cucu di Bogor Jadi Korban Tabrakan Harley Davidson

"Selain itu, karena kurangnya keterampilan berkendara. Sehingga, tidak dapat melakukan manuver secara mendadak," ujar Agus, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sederet motor gede (moge) dan custome yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR) pada 30 September 2018, KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Sederet motor gede (moge) dan custome yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR) pada 30 September 2018,

Agus menambahkan, sebenarnya dalam mengendarai motor dengan cc besar, yang perlu dijaga adalah emosi dan kesabaran.

"Dengan cc besar, kita akan lebih cenderung terpacu untuk menarik gas dan arogan saat di jalan. Maka, hal itulah yang harus diwaspadai," kata Agus.

Baca juga: Berapa Kapasitas Minimal Mesin Motor yang Disebut Moge?

Selain itu, tentunya pengendara moge juga harus terus melatih kemampuan berkendaranya agar cepat dalam mengantisipasi kendaraan saat dihadapkan dalam situasi yang berbahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com