Jelang Nataru, Polres Bogor Bentuk Satgas Bus Ugal-ugalan

Kompas.com - 18/12/2019, 15:42 WIB
Pengecekan bus jelang nataru KOMPAS.com/RulyPengecekan bus jelang nataru
|

BOGOR, KOMPAS.com - Polres Bogor akan memperketat pengamanan saat libur Natal dan tahun baru ( Nataru) 2020 dengan cara membentuk satuan tugas (satgas) khusus.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, satgas yang meliputi Polres Bogor, BNN Kabupaten Bogor, dan Dishub Kabupaten Bogor ini akan mencari sopir bus yang tidak mematuhi batas kecepatan di jalan tol.

"Kita hunting system di jalan tol, khususnya Jagorawi sampai operasi lilin selesai. Jadi, untuk pengendara yang kita curigai atau ugal-ugalan, tidak mematuhi batas kecepatan, akan kita kejar dan berhentikan," kata Fadli di Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Ribuan Bus Pariwisata Belum Lolos Uji Keselamatan Jelang Libur Nataru

Pengecekan bus jelang nataruKOMPAS.com/Ruly Pengecekan bus jelang nataru

Penertiban ini, lanjutnya, berfokus mencari pengemudi bus yang ugal-ugalan karena kendaraan tersebut membawa banyak orang.

"Seperti jalan zig-zag, mengambil lajur kanan, dan sebagainya," ujar dia.

"Tapi untuk pengendara kendaraan pribadi, kalau kita curigai, ya pasti akan kita lakukan penindakan," kata Fadli.

Baca juga: Potensi Pemudik Nataru; Asal Daerah hingga Kampung Halaman

Pengecekan Ban Bus Pariwisata oleh Dishub jelang NataruKOMPAS.com/Ruly Pengecekan Ban Bus Pariwisata oleh Dishub jelang Nataru

Bagi pengemudi yang diberhentikan, akan dilakukan pengecekan ulang fisik kendaraan dan dokumen jalannya. Sementara sopir yang bersangkutan, akan dites urine.

"Kalau masih lengkap dan layak, kita beri peneguran atau penindakan batas kecepatan," ujar dia.

Satgas ini dibentuk untuk cipta kondisi keamanan dan ketertiban lalu lintas di jalan tol jelang periode Nataru. Fadli mengatakan, tidak menutup kemungkinan operasi bersama ini juga dilaksanakan di jalan arteri.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X