Supaya Enggak Cepat Capai Naik Sepeda Motor di Jalan Macet

Kompas.com - 17/12/2019, 10:02 WIB
Para pengendara motor memilih jalan tikus di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk menghindari kemacetan di jalan utama. Dampaknya, jalan tersebut juga macet. SANDRO GATRA/KOMPAS.comPara pengendara motor memilih jalan tikus di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk menghindari kemacetan di jalan utama. Dampaknya, jalan tersebut juga macet.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kendaraan roda dua sudah menjadi alat transportasi utama di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Mengendarai motor dinilai sangat cepat dan bisa melewati jalan macet dengan mudah.

Alasan ini, yang membuat pengendara sepeda motor antar kota semakin menjamur. Alhasil, kemacetan pun tetap terjadi. Demi keselamatan dan kenyamanan, pengendara motor sebaiknya tidak mudah lelah alias capai, walaupun kondisi jalan yang macet parah.

Kepala instruktur safety riding Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani memberikan tips agar pengendara motor tidak mudah lelah ketika berkendara di kemacetan.

Baca juga: Katanya Kemacetan di Jakarta Menurun

Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutikFoto: Wahana/Istimewa Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

Tips pertama yaitu dengan melakukan pemanasan sebelum mengendarai motor. Melakukan pemanasan dapat melancarkan aliran oksigen ke otak sehingga tidak mengantuk dan lebih konsentrasi ketika mengendarai motor.

“Lakukan pemanasan ringan untuk melancarkan aliran darah sehingga suplai oksigen ke otak menjadi maksimal.” Ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (16/12/2019).

Selanjutnya, yaitu dengan memastikan tujuh poin postur tubuh yang nyaman saat berkendara.

Postur tubuh yang dimaksud adalah mata, pundak, siku tangan, tangan, pinggul, lutut, dan kaki. Posisi yang nyaman ketika berkendara akan mengurangi rasa lelah ketika terjebak di kemacetan.

“Dengan memperhatikan tujuh poin berkendara tersebut maka kita akan lebih nyaman dan tidak mudah lelah” Ucapnya.

Baca juga: Posisi Berkendara Cerminan Karakter Berkendara



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X