Waspada Menggunakan Fitur Cruise Control saat Kondisi Hujan

Kompas.com - 16/12/2019, 19:45 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan. Larmoyeux & BoneIlustrasi berkendara saat hujan.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara saat cuaca hujan butuh kewaspadaan ekstra agar selamat di perjalanan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah traksi atau daya cengkeram ban, yang berkurang di jalan basah.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, mengatakan jika pengemudi harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Terutama saat peralihan dari kondisi kering ke jalan basah.

Menurutnya agar mendapat traksi maksimal, mobil tidak bisa berjalan dalam kecepatan yang sama. Ilustrasinya saat melaju di jalan kering dengan kecepatan 60 km/jam, pengemudi harus turunkan kecepatan sekitar 40 km/jam saat cuaca tiba-tiba berubah hujan.

Baca juga: Jangan Terlena Pakai Fitur Cruise Control di Jalan Tol

 

Indikator cruise control Swift GSStanly Indikator cruise control Swift GS

“Jika mobil melaju selalu dalam kecepatan yang sama, memungkinkan mobil tidak terkendali,” ujar Marcell kepada Kompas.com belum lama ini.

“Oleh karena itu sebaiknya hindari fitur cruise control saat hujan, karena dapat memungkinkan terjadinya aquaplaning atau selip besar,” katanya.

Sebab dengan fitur cruise control membuat mobil melaju dengan kecepatan konstan. Dalam beberapa kondisi, misal jalan naik atau turun, hingga jalan kering atau basah, jika kecepatan sudah diatur 60 km/jam, maka mobil selalu melaju dalam kecepatan tersebut.

“Jadi sebaiknya Anda berkendara manual saja saat hujan agar dapat beradaptasi dengan segala kondisi jalan, terutama saat hujan,” ucap Marcell.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X