Kompas.com - 05/12/2019, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memiliki peranan yang cukup penting dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur untuk menyambut era kendaraan listrik di Indonesia. Sejak beberapa tahun belakangan ini, PLN sudah mulai membangun SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di beberapa lokasi.

PLN akan terus membangun SPKLU tahun depan. Rencananya, tahun 2020 PLN akan menambah 168 unit SPKLU yang juga tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Baca juga: Mau Ngecas Kendaraan Listrik, Berikut Daftar Lokasi SPKLU

Vice President of Technology Development and Standarization PLN Zainal Arifin, mengatakan, tahun depan menjadi tahun yang critical, di mana tahun depan PLN sudah masuk dalam tahap komersialisasi dari charger.

Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di SumbaKOMPAS.com / Azwar Ferdian Mobil Listrik Mitsubishi di Uji di Sumba

"Charger tidak akan free lagi, kita akan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah tentunya. Kita berharap sebagai awalan akan bangun sendiri dulu, 168 charging station untuk awalan. kita akan lihat, apakah EV ini akan sesuai dengan ekspektasi kita atau tidak," ujar Zainal, di sela-sela diskusi bertajuk "Economic Outlook: Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0", yang digelar oleh IDX Channel, di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Zainal menambahkan, itu semua indikatornya tahun depan. PLN akan melihat bagaimana perkembangan tren kendaraan listrik di tahun 2020.

"Kalau PLN sudah membuat charger-nya, tapi perkembangan EV belum seperti yang diharapkan, maka PLN akan meninjau kembali road map tentang berapa SPKLU yang akan dibangun untuk infrastrukturnya," kata Zainal.

Baca juga: Dilema SPKLU dan Populasi Mobil Listrik BMW

Mobil listrik city car BMW i3 Stanly/KompasOtomotif Mobil listrik city car BMW i3

SPKLU ini juga tidak hanya dibangun di Jawa atau Bali saja. PLN berencana akan menyebarnya di 13 kota di seluruh Indonesia.

"Jangan khawatir, kita tidak hanya fokus pada Jawa dan Bali saja. Di tahap awal, kita sudah ada di 13 kota, itu yang sudah kita rencanakan," ujar Zainal.

Zainal juga menyebutkan beberapa perusahaan lokal juga sudah membangun charging station.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.