Mau Ngecas Kendaraan Listrik, Berikut Daftar Lokasi SPKLU

Kompas.com - 30/10/2019, 14:12 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negeri (Persero) secara serentak meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di beberapa wilayah, yaitu DKI Jakarta, Tangerang, Bali, dan Bandung.

Langkah tersebut sebagai bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur bagi kendaraan bermotor berbasis baterai, sesuai dengan Peraturan Presiden No.55 tahun 2019.

Menariknya, Jakarta kedapatan empat titik SPKLU dengan spesifikasi ultra fast charging (125 kW), fast charging (50 kw), dan normal charging (25 kW).

Baca juga: Punya Mobil Listrik? Ini Tarif Charge di SPKLU Milik PLN

 

SPKLU Di AEON BSDKOMPAS.com/Rina Ayu Larasati SPKLU Di AEON BSD

"PLN Disjaya akan menjadi lokasi untuk dua SPKLU, ultra fast charging dan fast charging," kata General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Assad di keterangan resminya, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selain itu, PLN juga mendirikan dua SPKLU di mal Senayan City dan Pondok Indah Mall.

Sementara di Tangerang, SPKLU akan disediakan di Aeon BSD. Sedangkan di Bandung, SPKLU diletakkan di kantor PLN kawasan Soekarno-Hatta, dan di Bali berada di kantor PLN kawasan Denpasar.

"Langkah PLN sangat bagus dan strategis dengan kerjasama untuk pemanfaatan kendaraan berbasis listrik. Hal ini juga bagus untuk peningkatan penjualan tenaga listrik kedepannya," kata Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana.

Baca juga: Dilema SPKLU dan Populasi Mobil Listrik BMW

 

Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8  saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8 saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

Terkait tarif pengecasan di SPKLU saat ini masih dibincangkan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Jadi, untuk tarif sementera masih kita kasih gratis sampai dengan Desember 2019. Kita masih bicarakan dengan Kementarian ESDM terkait tarif ini," kata Ikhsan.

Sebelumnya PLN telah menggandeng 20 mitra strategis untuk kerjasama dalam hal percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) beberapa waktu lalu.

Melalui kerjasama itu, direncanakan akan dibangun 10 SPKLU di seluruh Indonesia hingga akhir tahun ini. Secara berangsur sampai tahun depan, diharapkan jumlahnya terus bertambah.

"Kami menargetkan nantinya akan ada 20 SPKLU di Jakarta," kata Ikhsan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.