Tarikan Motor Kurang Ngacir, Periksa Komponen Ini

Kompas.com - 23/11/2019, 12:01 WIB
Salah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIASalah satu motor gede (moge) yang ikut meramaikan Distinguished Gentlemans Ride (DGR), Minggu (30/9/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak jarang pemilik motor datang ke bengkel dengan keluhan motornya kurang responsif. Tarikan motor kurang ''ngejambak'' dan cenderung pasif meski selongsong gas sudah dipuntir.

Benny Saputra, pemilik bengkel aksesori dan modifikasi motor One3 Motoshop yang kerap menerima servis moge tipe sport, mengatakan, ada dua bagian yang mesti dicek jika motor kurang akselerasi yaitu fuel line dan pembakaran.

Baca juga: Geliat Bengkel Umum Moge, Mulai Kejar Kualitas Bengkel Resmi

"Selalu cek kondisi tangki, bersih atau kotor, kemudian fuel pump. Jangan lupa throttle body, kalau mesin sudah dua silinder ke atas throttle body pengaruh, sebab keseimbangan vakum antara tiap silinder berbeda," kata Benny kepada Kompas.com belum lama ini.

Bengkel umum motor gede One3 MotoshopKOMPAS.com/Gilang Bengkel umum motor gede One3 Motoshop

Benny mengatakan, dengan mengecek throttle body maka akan terlihat karakter motor saat digas dan berakselerasi, apakah tarikannya lancar atau tidak alias ''brebet.''

Baca juga: 8 Bengkel Resmi Honda Layani Konsumen Kota Batik

"Kalau ada keluhan motor kurang akselerasi, kita pasti periksa fuel pump, tangki, selang, dan injektor, sebab yang sering bermasalah itu injektor kotor, salah satunya karena bahan bakar di kita masih kotor," katanya.

Benny mengatakan, salah satu penyebab tarikan motor kurang responsif juga disebabkan kurangnya suplai udara bersih ke ruang bakar. Gejalanya, timbul suara tidak enak timbul ketika motor berakselerasi dan gas ditutup penuh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X