Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

22 Kamera ETLE Sudah Terpasang di Jalan Tol, Tangkap Truk ODOL

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh kendaraan atau truk berat Over Dimension Over Loading (ODOL), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, segera menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di jalan Tol.

Langkah ini selaras sebagai upaya mendukung percepatan "Zero ODOL" yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), semula ditargetkan tuntas pada 2021 menjadi 2020.

Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur, menjelaskan bila saat ini pihaknya sudah memasang 22 smart camera yang tersebar di area Jalan Tol Jabodetabek dan Tol Trans Jawa.

"22 smart camera ini akan menangkap data yang terintegrasi dengan sistem penegakan hukum yang dikelola oleh kepolisian," kata Subakti dalam keterang resminya, Rabu (20/11/2019).

Menurut Subakti, dukungan Jasa Marga terhadap ETLE karena sesuai dengan fokusnya, yakni pengguna jalan berkeselamatan yang dapat memenuhi tata tertib berlalu lintas, terutama di jalan tol.

Sementara itu, Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Angita Widjajanto, mengungkapkan untuk terwujudnya konsep penegakan hukum yang totalitas dalam penyelesaian ODOL di jalan tol perlu kolaborasi yang baik antar seluruh pihak.

Kolaborasi yang dimaksud menyangkut instansi-instansi terkait, seperti BPJT, Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kemenhub, Polantas, sampai Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

"Untuk penerapan ETLE di jalan tol ke depannya, para pihak akan mengintegrasikan smart camera yang ada di tol untuk dapat ditempatkan di beberapa titik yang berfungsi menangkap data pelat nomor kendaraan, kecepatan kendaraan, hingga beban kendaraan yang melanggar ketertiban lalu lintas," ujar Agita.

Implementasai ETLE di jalan tol sebelumnya sudah pernah disinggung, bahkan wacananya dulu akan resmi diterapkan pada Oktober 2019 lalu.

Kabar terakhir yang Kompas.com dapatkan dari Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, saat ini sudah ada empat kamera ETLE yang saat ini sedang diuji coba.

"Memang belum dilakukan, tapi saat ini sudah ada yang mulai kami uji coba. Ada empat titik ETLE di ruas tol yang sedang kita lakukan tahapan tadi," kata Fahri beberapa waktu lalu.

Lokasinya sendiri berada di ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Sedyatmo, Tol Tanjung Duren, dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/21/071200015/22-kamera-etle-sudah-terpasang-di-jalan-tol-tangkap-truk-odol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke