Momen Haru Lorenzo di Balapan Terakhir GP Valencia

Kompas.com - 17/11/2019, 21:15 WIB
Jorge Lorenzo saat balapan di Aragon, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) JOSE JORDANJorge Lorenzo saat balapan di Aragon, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)
|

VALENCIA, KOMPAS.com - MotoGP Valencia 2019 menjadi momen mengharukan buat Jorge Lorenzo. Balapan ini merupakan balapan terakhirnya setelah memutuskan pensium musim depan.

Tim Repsol Honda pun memberikan penghargaan buat Lorenzo dengan menuliskan 'Thank You Jorge' di time board saat pebalap Spanyol tersebut akan finis.

Baca juga: Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

Lorenzo juga sempat menyapa fans di pinggir lintasan. X-Fuera membawa bendera kebanggaannya dengan bertuliskan Lorenzo Land dan turun dari moto.

Kemudian pebalap bernomor 99 ini menancapkannya di salah satu sudut trek.

17 Tahun Karier Balap Jorge LorenzoKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo 17 Tahun Karier Balap Jorge Lorenzo

Lorenzo pensiun setelah 17 tahun berkarir di dunia balap. Dia merupakan pemegang lima kali gelar juara dunia. Kelas 250cc pada 2006 dan 2007. Serta tiga kali juara dunia MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Lorenzo mengalami penurunan performa setelah hengkang dari Yamaha pada akhir 2016. Pada 2017 Lorenzo berlabuh di pabrikan Italia, Ducati. Namun selama mengaspal bersama Ducati, Lorenzo mengalami kesulitan untuk memenangi balapan.

Pada musim 2017, ia hanya finish di posisi ketujuh klasemen akhir. Pada musim berikutnya, posisi Lorenzo pun melorot ke peringkat sembilan.

Baca juga: Lorenzo Fokus Hadapi Balap Terakhir di MotoGP

Musim 2019, Lorenzo bergabung dengan Repsol Honda menggantikan Dani Pedrosa. Kehadiran Lorenzo ke Honda sempat membuat heboh dan dijuluki The Dream Team. 

Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP JerezFoto: Autosport Jorge Lorenzo mulai frustasi usai GP Jerez

Namun sayang ungkapan itu tak terbukti. Lorenzo nyatanya sulit beradaptasi dengan Honda RC213V.

Baca juga: Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

Dia bahkan sempat datang ke Jepang minta saran kepada para insinyur Honda supaya bisa lebih cepat. Namun semusim bersama Honda dia tak pernah masuk 10 besar.

Kejadian tak terduga terjadi saat latihan bebas di Assen, Belanda. Lorenzo jatuh dan membuat punggungnya cedera. Dia sempat absen dan kecelakaan itu membuat fisik dan mentalnya makin turun.

Lorenzo resmi mengumumkan pensiun lewat konferensi pers sebelum GP Valencia, Kamis (14/11/2019)). Sebelumnya, kabar soal pensiunnya Jorge Lorenzo sebenarnya sudah merebak semenjak sang pebalap terus mengalami kesulitan di Repsol Honda.

"Saya akan pensiun sebagai pebalap profesional. Saya mulai berpikir pensiun setelah kecelakaan di Assen. Namun, saya tidak mau membuat keputusan terlalu dini," kata Lorenzo mengutip MotoGP.com.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X