Marquez dan Lorenzo Bawa Nama Afridza Munandar di MotoGP Valencia

Kompas.com - 17/11/2019, 11:31 WIB
Marc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP) MOHD RASFANMarc Marquez saat berlaga di MotoGP Malaysia 2019. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Dua pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, akan memberikan penghormatan untuk mendiang pebalap muda Indonesia, Afridza Syach Munandar, di MotoGP Valencia 2019.

Penghormatan itu dilakukan dengan cara membawa nama Afridza (tribute) pada masing-masing motor mereka.

Dengan tanda tersebut, baik Marquez maupun Lorenzo menunjukkan bahwa hasil laganya di Valencia dipersembahkan untuk Afridza.

Baca juga: Penghormatan Terakhir 3 Pebalap Astra Honda untuk Afridza

"4, Afridza Selamat Jalan," itulah tulisan yang berada di fairing motor Honda RC213V milik kedua pebalap tersebut.

Tribute Afridza Munandar di motor Marquez dan LorenzoKOMPAS.com/Ruly Tribute Afridza Munandar di motor Marquez dan Lorenzo

Afridza merupakan pebalap muda berbakat yang tutup usia akibat insiden crash di tikungan 10 sirkuit Sepang, Malaysia, dua pekan lalu, pada ajang Asia Talent Cup (ATC).

Berita duka tersebut sontak membuat suasana ATC dan MotoGP sedikit berubah. Semua pebalap pun berkabung, tak terkecuali Marquez dan Lorenzo.

"Saya kenal Afridza Munandar karena dia pebalap Astra Honda, kami pernah bertatap muka dan berbincang. Dia adalah pebalap muda berbakat," kata Marquez dilansir MotoGP, dua pekan lalu (3/11/2019).

Baca juga: Marquez Beri Penghormatan ke Afridza Lewat Podium Dua

Tak lupa, ia mengucapkan rasa duka mendalam kepada keluarga dan sanak saudara yang ditinggalkan Afridza untuk tetap tabah. Serta, mengingatkan pebalap lain akan risiko yang dijalaninya saat di atas sirkuit.

Adapun Lorenzo, menyatakan rasa dukanya lewat cuitan akun twitter. "Beristirahatlah dengan tenang, Afridza. Semua dukungan saya kepada keluarga," kata Lorenzo yang baru saja mengumumkan pensiun dari MotoGP.

Seperti diketahui, Afridza mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 2 November 2019, saat berlaga di ajang Asia Talent Cup 2019.

Pebalap berusia 20 tahun itu disebut sebagai salah satu talenta muda berbakat Indonesia. Pada ajang Asia Talent Cup, Afridza berada di klasemen posisi tiga dengan perolehan 142 poin.

Selain Marquez dan Lorenzo, Para pembalap motor dunia ikut berbelasungkawa atas kepergiannya, termasuk Maverick Viñales yang mempersembahkan kemenangannya di MotoGP Sepang 2019 untuknya.

Sebagai tanda penghormatan, pihak penyelenggara Asia Talent Cup memutuskan nomor 4 yang merupakan nomor start Afridza dipensiunkan dan tidak lagi diperkenankan dipakai pembalap lain

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X