Kamera ETLE Mulai Uji Coba di Empat Ruas Jalan Tol

Kompas.com - 11/11/2019, 06:42 WIB
Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek Jasa MargaJasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih tertunda, namun rencana menambah jumlah titik penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) di ruas jalan tol rupanya sudah memasuki tahap uji coba.

"Memang belum dilakukan, tapi saat ini sudah ada yang mulai kami uji coba. Ada empat titik ETLE di ruas tol yang sedang kita lakukan tahapan tadi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Untuk lokasi penerapan ETLE yang saat ini sedang diuji coba, menurut Fahri titiknya menyebar pada sejumlah lokasi. Mulai dari ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Sedyatmo, Tol Tanjung Duren, dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Baca juga: Permudah Tilang Elektronik, Plat Nomor Baru Dibikin Bisa Berubah Warna

Sedangkan dari jenis pelanggaran yang akan menjadi fokusnya, terdiri dari beberapa pengawasan.

Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.MAULANA MAHARDHIKA Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

 

Mulai dengan pengendara yang over speed, tidak mengunakan seat belt, bahu jalan, serta bermain ponsel.

Untuk rencana penanganan kendaraan berat yang over dimension dan overload (ODOL), nantinya diklaim akan menggunakan sensor gerak atau Weigh in Motion (WIM).

Baca juga: Cara Menindak Pemotor yang Lawan Arah, Pakai Tilang Elektronik

Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol JabodetabekJasa Marga Jasa Marga siap dukung penerapan tilang elektronik di 8 titik Tol Jabodetabek

Ketika ditanya kapan ETEL di jalan tol akan mulai dimplementasi penuh, Fahri hanya menerangkan bila pihaknya sampai saat ini masih menunggu hasil evaluas dan juga kesiapan dari PT Jasa Marga sebagai pihak pengelola.

"Kita tunggu evaluasi dan kajiannya dulu karena ini kan masih proof of concept, mungkin bagi kita sudah siap tapi untuk mereka (Jasa Marga) masih butuh penyempurnaan dan mempelajari sistemnya," kata Fahri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X