Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kamera ETLE Mulai Uji Coba di Empat Ruas Jalan Tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski masih tertunda, namun rencana menambah jumlah titik penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di ruas jalan tol rupanya sudah memasuki tahap uji coba.

"Memang belum dilakukan, tapi saat ini sudah ada yang mulai kami uji coba. Ada empat titik ETLE di ruas tol yang sedang kita lakukan tahapan tadi," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/11/2019).

Untuk lokasi penerapan ETLE yang saat ini sedang diuji coba, menurut Fahri titiknya menyebar pada sejumlah lokasi. Mulai dari ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Sedyatmo, Tol Tanjung Duren, dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR).

Sedangkan dari jenis pelanggaran yang akan menjadi fokusnya, terdiri dari beberapa pengawasan.

Mulai dengan pengendara yang over speed, tidak mengunakan seat belt, bahu jalan, serta bermain ponsel.

Untuk rencana penanganan kendaraan berat yang over dimension dan overload (ODOL), nantinya diklaim akan menggunakan sensor gerak atau Weigh in Motion (WIM).

Ketika ditanya kapan ETEL di jalan tol akan mulai dimplementasi penuh, Fahri hanya menerangkan bila pihaknya sampai saat ini masih menunggu hasil evaluas dan juga kesiapan dari PT Jasa Marga sebagai pihak pengelola.

"Kita tunggu evaluasi dan kajiannya dulu karena ini kan masih proof of concept, mungkin bagi kita sudah siap tapi untuk mereka (Jasa Marga) masih butuh penyempurnaan dan mempelajari sistemnya," kata Fahri.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/11/064200515/kamera-etle-mulai-uji-coba-di-empat-ruas-jalan-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke