Laporan Langsung dari EICMA 2019, Milan, Italia

Andi Gilang Geser Posisi Dimas Ekky di GP Moto2, Ini Kata AHM

Kompas.com - 07/11/2019, 13:23 WIB
Foto: Honda
|

MILAN, KOMPAS.com - Andi Farid Izdihar atau akrab disapa Andi Gilang, akan menjadi wakil Indonesia di Grand Prix (GP) Moto2 semusim penuh pada 2020.

Pebalap asal Bulukumba, Sulawesi Selatan ini menggantikan Dimas Ekky Pratama yang sepanjang musim 2019 memperkuat Honda Team Asia (HTA).

Andy Wijaya, Deputy GM Marketing Planning and Analysis AHM menjelaskan, pencapaian Andi Gilang menembus kancah balap dunia menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan program penjenjangan balapan terstruktur yang dilakukan AHM, demi mencetak prestasi yang membawa harum bangsa Indonesia.

Baca juga: Andi Gilang Gantikan Dimas Ekky di Moto2 Musim 2020

"Semoga Andi Gilang mampu konsisten, berjuang dengan mental juara hingga menginspirasi pebalap Indonesia lainnya untuk mencapai mimpi berlaga di kancah dunia,” ucap Andy di Milan, Italia, Rabu (6/11/2019).

Foto: Istimewa

Sementara itu, GM Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddin menambahkan, AHM tentunya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras dan semangat Dimas Ekky yang sudah menjadi wakil pebalap Indonesia lulusan AHRT di Moto2 MotoGP.

Baca juga: Karier Balap Andi Gilang, dari Bulukumba Menembus Moto2

"Dimas menjadi kebanggaan bangsa, masyarakat dan keluarga. Banyak hal yang dipelajari oleh Dimas selama berlaga di Moto2. Untuk ke depannya, kami belum bisa sampaikan informasinya sekarang ini," ucap pria yang akrab disapa Muhib.

FOto: Honda Team Asia

Dimas Ekky sendiri pada GP Moto2 2019 dipilih sebagai pebalap andalan Idemitsu Honda Team Asia, mewakili bakat-bakat terbaik dari belahan bumi Asia.

Idemitsu Honda Team Asia merupakan tim balap yang berpengalaman di ajang GP. Kini, perjuangan pebalap asal Depok, Jawa Barat itu akan dilanjutkan oleh Andi Gilang.

Baca juga: Gantikan Dimas Ekky, Andi Gilang Finis Posisi 24 Moto2 Misano

Andi Gilang sendiri merupakan salah satu lulusan pertama Astra Honda Racing School (AHRS), ajang yang dibentuk AHM sebagai pijakan awal pembinaan balap berjenjang. Sejak lepas dari pembinaan awal tersebut, deretan prestasi Andi terus terukir.

Dok. AHRT

Setelah lulus dari AHRS pada 2010, Andi digembleng pada ajang Asia Dream Cup pada 2014 dan langsung meraih posisi ke-6 di akhir musim. Tahun berikutnya, dirinya terjun di beberapa ajang.

Baca juga: Hasil FP3 Moto2, Andi Gilang Mulai Gemilang

Bersama Asia Talent Cup, Andi mampu menjadi juara di seri Qatar. Lalu, dia juga tergabung dalam tim kejuaraan balap ketahanan, Suzuka 4Hours Endurance Race dan finish di posisi ke-2.

Dok. AHM

Pada 2016, Andi semakin meningkatkan prestasinya di Asia Talent Cup dengan mengamankan posisi ketiga klasemen. Pada tahun tersebut, Andi mengawali debut Eropa dengan mengikuti ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship hingga tahun 2017.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X