Mengapa Pebalap MotoGP Gemar Latihan Motor Dirt Track

Kompas.com - 05/11/2019, 07:42 WIB
Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt track Instagram @valeyellow46Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt track

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pebalap MotoGP pasti melakukan latihan, baik latihan fisik di tempat kebugaran maupun menggunakan motor. Salah satu latihan motor yang banyak dilakukan adalah balapan di dirt track atau lintasan tanah.

Balapan dirt track merupakan balapan yang biasanya dilakukan di atas lintasan pasir atau tanah, mengendarai motor trail. Latihan motor ini banyak dipilih karena dianggap tidak terlalu berbahaya dibanding latihan motor lainnya.

Baca juga: Rossi Mengaku Enjoy Meski Gagal Naik Podium

Imanuel Pratna, pebalap nasional yang juga pernah mengikuti Mastercamp, mengatakan, latihan motor di dirt track berguna untuk melatih atau mengasah kemampuan berkendara di ajang balap.

Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt trackInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi latihan motor bersama pebalap lain di atas sirkuit dirt track

"Selain melatih riding skill, tentunya juga melatih fisik saat di atas motor," ujar Imanuel, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Imanuel yang juga pernah balapan di World Supersport 300 (WSS300) menambahkan, balapan di dirt track lebih bermanfaat untuk kontrol gas dan mengenal perilaku motor.

Baca juga: Ubah Gaya Balap, Rossi Mulai Kompetitif

"Jadi, saat balapan dengan motor road race (aspal), bisa lebih mengerti harus mengambil tindakan apa saat motor berperilaku tidak normal," kata Imanuel.

Salah satu pebalap yang sering latihan motor di dirt track adalah Valentino Rossi. Bahkan, Rossi memiliki sirkuit dirt track pribadi di rumah untuk melakukan latihan bersama pebalap muda yang juga murid-muridnya di VR46 Academy.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X