Ubah Gaya Balap, Rossi Mulai Kompetitif

Kompas.com - 02/11/2019, 07:22 WIB
Valentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019. AFP/WILLIAM WESTValentino Rossi menjalani sesi latihan bebas MotoGP Australia 2019 di Sirkuit Phillip Island, 27 Oktober 2019.

SEPANG, KOMPAS.com - Valentino Rossi mulai terlihat kembali kompetitif di hari pertama MotoGP Malaysia. Pada sesi latihan FP2, Rossi bahkan berada di urutan kelima. Dia mengklaim hal ini diraihnya berkat mengubah gaya berkendara.

Sebelumnya, Rossi selalu bermasalah pada ban belakangnya. Pebalap asal Italia ini lebih cepat menghabiskan ban belakang dibanding pebalap teratas lainnya.

Baca juga: Cedera Tak Halangi Quartararo Kuasai FP2, Rossi Urutan Ketiga

Rossi pun membeberkan bagaimana dirinya bisa tampil kompetitif lagi di sesi latihan hari pertama ini. Menurutnya, semua tergantung dari bagaimana membuat ban belakang tidak terlalu boros.

"Sepertinya gaya berkendara para pebalap teratas sudah berubah sedikit. Seperti dengan motor baru, elektronik yang baru, dan ban berbeda, Anda harus berkendara dengan cara yang berbeda untuk menemukan limit," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net.

Rossi menambahkan, khususnya pada saat pengereman. Menurutnya, pada beberapa periode terakhir ini ada banyak pebalap yang mulai menyadari hal tersebut.

Baca juga: Memori Rossi saat Terpuruk Bersama Ducati

"Saya mencoba rem depan yang berbeda. Hari ini, sepertinya Marquez juga mencoba rem ala skutik. Pada umumnya, Anda harus mencoba kencang tanpa cepat menghabiskan ban belakang. Inilah target yang lebih besar untuk semuanya," kata Rossi.

Rossi sendiri mengira dirinya lebih banyak menghabiskan ban belakang saat berakselerasi di atas motornya dan sedikit saat masuk tikungan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Crash.net
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X