Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2019, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

SEPANG, KOMPAS.com - Valentino Rossi mulai terlihat kembali kompetitif di hari pertama MotoGP Malaysia. Pada sesi latihan FP2, Rossi bahkan berada di urutan kelima. Dia mengklaim hal ini diraihnya berkat mengubah gaya berkendara.

Sebelumnya, Rossi selalu bermasalah pada ban belakangnya. Pebalap asal Italia ini lebih cepat menghabiskan ban belakang dibanding pebalap teratas lainnya.

Baca juga: Cedera Tak Halangi Quartararo Kuasai FP2, Rossi Urutan Ketiga

Rossi pun membeberkan bagaimana dirinya bisa tampil kompetitif lagi di sesi latihan hari pertama ini. Menurutnya, semua tergantung dari bagaimana membuat ban belakang tidak terlalu boros.

"Sepertinya gaya berkendara para pebalap teratas sudah berubah sedikit. Seperti dengan motor baru, elektronik yang baru, dan ban berbeda, Anda harus berkendara dengan cara yang berbeda untuk menemukan limit," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net.

Rossi menambahkan, khususnya pada saat pengereman. Menurutnya, pada beberapa periode terakhir ini ada banyak pebalap yang mulai menyadari hal tersebut.

Baca juga: Memori Rossi saat Terpuruk Bersama Ducati

"Saya mencoba rem depan yang berbeda. Hari ini, sepertinya Marquez juga mencoba rem ala skutik. Pada umumnya, Anda harus mencoba kencang tanpa cepat menghabiskan ban belakang. Inilah target yang lebih besar untuk semuanya," kata Rossi.

Rossi sendiri mengira dirinya lebih banyak menghabiskan ban belakang saat berakselerasi di atas motornya dan sedikit saat masuk tikungan.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Crash.net
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com