PLN Mau Bangun Fasilitas Fast Charging di Pusat Keramaian

Kompas.com - 17/10/2019, 18:02 WIB
 BPPT Mulai Inovasi Charging Station stanly BPPT Mulai Inovasi Charging Station

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam waktu dekat PT PLN akan meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum ( SPKLU) fast charging di beberapa kota. Fasilitas isi ulang kilat ini akan tersedia di Jakarta sampai Medan.

Sejumlah SPKLU ini rencananya akan diresmikan pada peringatan hari listrik nasional 2019. Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani telah memastikan bakal ada SPKLU fast charging yang bisa dipakai mobil dan motor di kota-kota tersebut.

“Setidaknya ada satu di kota-kota itu. Saat hari listrik nasional akan kami launching di Jakarta, Bandung, Banten, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Medan,” katanya pada Rabu (16/10/2019).

Baca juga: BPPT Siap Kembangkan Charging Station Kendaraan Listrik Sampai 2024

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik

Dengan fasilitas fast charging waktu isi ulang kendaraan listrik akan lebih cepat ketimbang saat menggunakan SPKLU biasa. Sripeni juga mengatakan SPKLU ini akan dipasang di beberapa pusat keramaian.

“Waktu charging kira-kira sekitar 30 – 40 menit, nanti akan ditaruh di tempat seperti mall-mall, jadi kita bisa sambil jalan-jalan,” ucap Sripeni.

Untuk diketahui, sebelumnya PT PLN telah memiliki sejumlah SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum). Umumnya fasilitas ini berada di dekat kantor PLN di tiap kota.

Baca juga: BPPT dan PLN Rangkul Swasta Demi Memajukan Kendaraan Listrik

Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten menandatangani MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES)
tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten menandatangani MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.

SPLU awalnya dirancang untuk mengisi daya listrik alat-alat elektronik yang ringan, namun fasilitas ini sudah cukup untuk mengisi daya motor listrik. Sripeni juga mengatakan saat ini sudah ada 2.000-an unit SPLU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Belakangan PLN merancang SPKLU, sebuah fasilitas dengan daya lebih besar yang disiapkan untuk mobil listrik ataupun bus listrik. Sebagai pilot project, SPKLU telah berdiri di kantor BPPT Jakarta Pusat dan di Klaster Energi BPPT di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X