Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Mau Bangun Fasilitas Fast Charging di Pusat Keramaian

Kompas.com - 17/10/2019, 18:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam waktu dekat PT PLN akan meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) fast charging di beberapa kota. Fasilitas isi ulang kilat ini akan tersedia di Jakarta sampai Medan.

Sejumlah SPKLU ini rencananya akan diresmikan pada peringatan hari listrik nasional 2019. Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani telah memastikan bakal ada SPKLU fast charging yang bisa dipakai mobil dan motor di kota-kota tersebut.

“Setidaknya ada satu di kota-kota itu. Saat hari listrik nasional akan kami launching di Jakarta, Bandung, Banten, Jogja, Semarang, Surabaya, dan Medan,” katanya pada Rabu (16/10/2019).

Baca juga: BPPT Siap Kembangkan Charging Station Kendaraan Listrik Sampai 2024

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik

Dengan fasilitas fast charging waktu isi ulang kendaraan listrik akan lebih cepat ketimbang saat menggunakan SPKLU biasa. Sripeni juga mengatakan SPKLU ini akan dipasang di beberapa pusat keramaian.

“Waktu charging kira-kira sekitar 30 – 40 menit, nanti akan ditaruh di tempat seperti mall-mall, jadi kita bisa sambil jalan-jalan,” ucap Sripeni.

Untuk diketahui, sebelumnya PT PLN telah memiliki sejumlah SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum). Umumnya fasilitas ini berada di dekat kantor PLN di tiap kota.

Baca juga: BPPT dan PLN Rangkul Swasta Demi Memajukan Kendaraan Listrik

Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten menandatangani MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES)
tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten menandatangani MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.

SPLU awalnya dirancang untuk mengisi daya listrik alat-alat elektronik yang ringan, namun fasilitas ini sudah cukup untuk mengisi daya motor listrik. Sripeni juga mengatakan saat ini sudah ada 2.000-an unit SPLU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Belakangan PLN merancang SPKLU, sebuah fasilitas dengan daya lebih besar yang disiapkan untuk mobil listrik ataupun bus listrik. Sebagai pilot project, SPKLU telah berdiri di kantor BPPT Jakarta Pusat dan di Klaster Energi BPPT di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com