Ada yang Beda Dari Jambore Nasional ke-50 Pecinta VW di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2019, 12:21 WIB
Volkswagen Indonesia Association mengadakan press conference jambore nasional ke-50 Kompas.com/DioVolkswagen Indonesia Association mengadakan press conference jambore nasional ke-50
|

JAKARTA, KOMPAS.comVolkswagen Indonesia Association (VIA) merupakan suatu asosiasi yang membawahi klub-klub Volkswagen di Indonesia. Akhir bulan ini VIA bakal menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) ke-50 di Buperta Cibubur, tepatnya pada 27 – 29 September 2019.

Menurut Didit Soedarto, Ketua Harian 1 VIA yang juga menjabat Ketua Pelaksana Jamnas ke-50, Jamnas adalah kegiatan tahunan yang selalu diadakan pihaknya. Lokasi Jamnas disebut selalu berpindah tempat, tidak mesti di Jakarta.

“Kali ini kami mengusung tagline ‘Bersatu – Bersaudara’, dan acara kami judul ‘Volkswowgen Days’. Kenapa wow? Karena kami libatkan teman-teman dari komunitas lain untuk bisa berpartisipasi dalam jambore ini,” bukanya dalam sambutannya, pada Sabtu (7/9/2019).

Baca juga: Komunitas Rally Look Indonesia Ikut Ramaikan Otobursa Tumplek Blek

Salah satu contoh Volkswagen Beetle klasik (kiri) dan modern (kanan) milik para anggota klub VW Beetle Club Indonesia.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu contoh Volkswagen Beetle klasik (kiri) dan modern (kanan) milik para anggota klub VW Beetle Club Indonesia.

Ajang jambore ini rencananya tak hanya menjadi ajang kumpul komunitas VW, tapi juga terdapat banyak kegiatan lain. Mulai dari kontes, donor darah, ekonomi kreatif atau UMKM, kemping, e-games, cosplay, hingga jual beli spare part, serta kegiatan motorsport.

“Sebetulnya tujuan utama Jamnas adalah silaturahmi antar komunitas VW di seluruh Indonesia. Kami targetkan 1.500 VW bisa hadir, dari sekitar 4.000 anggota komunitas VIA. Selain itu teman VW Asia dari Brunei, Malaysia, dan Singapura juga datang,” jelas Didit.

Didit juga membocorkan beberapa hal menarik, terutama ketika acara berlangsung nanti. Salah satunya bakal ada display beberapa kendaraan bersejarah, dari mobil Karman Ghia milik Bung Karno hingga VW Kodok bertenaga listrik.

Baca juga: Rocks Mini, Komunitas Motor Mini yang Tak Pilih-pilih

Mobil klasik seperti Volkswagen Dakota Single Cab tahun 1981 juga hadir meramaikan kontes modifikasi mobil Blackauto Battle Makassar.KOMPAS.com/ALEK KURNIAWAN Mobil klasik seperti Volkswagen Dakota Single Cab tahun 1981 juga hadir meramaikan kontes modifikasi mobil Blackauto Battle Makassar.

Untuk diketahui, sebelumnya Jamnas VIA telah berhasil diadakan di beberapa daerah di seluruh Indonesia. Seperti di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan, Bangka Belitung, dan Sumatera.

Ia juga menambahkan, sejak pertama kali diadakan pada 1993, Jamnas memang bisa dilakukan hingga lebih dari sekali dalam setahun. Kini di usia VIA yang ke-26 tahun, Jamnas sudah berlangsung hingga ke-50 kali penyelenggaraan.

“Jamnas ke-50 ini bukan hanya sebagai ajang kumpul para pecinta VW-ers saja yang datang dari privateer, klub, dan komunitas. Tapi juga bagi seluruh pecinta dunia klasik dan antik, baik itu, mobil, motor, dan komunitas hobi lainnya,” kata Komjen Pol. (purn) Nanan Soekarna, Ketua Umum VIA dalam keterangan resminya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X