Skuad Bus Transjakarta Akan Dilengkapi Bus Listrik

Kompas.com - 06/09/2019, 14:01 WIB
Bus Listrik MAB Bus Listrik MAB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang menyiapkan berbagai hal supaya era elektrifikasi atau kendaraan listrik berbasis baterai benar-benar bisa terwujud.

Tidak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkeinginan agar manfaat kendaraan listrik dapat dirasakan langsung oleh semua lapisan masyarakat.

Selain paket insentif baik fiskal dan non-fiskal demi kelancaran era kendaraan listrik, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan rencana untuk meremajakan bus Transjakarta menjadi bus listrik.

" Kendaraan listrik adalah masa depan, dan kita perlu mendorong supaya industri dan pihak terkait dapat berkembang. Dari sisi kami, akan ada berbagai insentif dan saat ini sedang disiapkan," kata Anies Baswedan di helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Pentingnya Pengolahan Limbah Baterai Mobil Listrik untuk Lingkungan

Anies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019).KOMPAS.com/Ruly Anies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

"Di samping itu, saat ini kita juga sudah sediakan tiga bus listrik untuk digunakan Transjakarta. Rencana ke depannya, pengadaan bus baru akan menggunakan kendaraan listrik," ujarnya lagi.

Tak hanya itu, bus yang sudah lama juga akan digantikan dengan bus listrik agar terciptanya keamanan dan kenyamanan bertransportasi umum, serta membiasakan diri kepada kendaraan listrik itu sendiri.

Bus listrik Toyota Bus listrik Toyota

"Hal ini dilakukan supaya masyarakat lebih banyak yang menggunakan kendaraan listrik, dan terdorong untuk memilikinya. Membentuk prilaku," kata Anies.

Anies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019).KOMPAS.com/Ruly Anies Baswedan menyambangi helatan Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga: Plus Minus Balapan Formula E di Jakarta Menurut Moreno Soeprapto

Dirinya berharap, langkah Pemprov DKI Jakarta ini direspons baik oleh semua kalangan, baik masyarakat maupun industri.

Pada kesempatan sama, Anies juga menyempatkan diri untuk berkeliling pameran IEMS 2019 ditemani Deputi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material Eniya Listiani Dewi dan ajudan.

Dirinya juga sempat berbincang bersama beberapa industri dan produsen kendaraan listrik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X