Suzuki Ertiga Tuntaskan Merapah Trans Sumatera 2019

Kompas.com - 31/08/2019, 20:02 WIB
Suzuki Ertiga menjadi mobil utama di Merapah Trans Sumatera 2019 KOMPAS.com/Kristianto PurnomoSuzuki Ertiga menjadi mobil utama di Merapah Trans Sumatera 2019

PALEMBANG, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga diciptakan untuk memudahkan mobilitas keluarga Indonesia dalam beraktifitas. Hal ini dibuktikan dari kelapangan kabin mobil, redaman suara, hingga kombinasi kaki-kaki yang menciptakan kenyamanan dan beragam fitur hiburannya.

Kendati demikian, ternyata Ertiga cukup tangguh untuk melintas di jalanan yang kurang ramah atau bukan jalan perkotaan, sebagaimana tim Kompas.com alami saat melakukan ekspedisi Merapah Trans Sumatera 2019.

Perjalanan Merapah kali ini sangat berbeda dari sebelumnya, tim melintasi dua ruas Tol Trans Sumatera yang belum diresmikan yakni ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang dan Pematang Panggang-Kayu Agung. Sedikit-banyak masih ditemui jalanan bergelombang atau bumpy, berkrikil, serta terdapat alat konstruksi.

Baca juga: Menikmati Kabin Suzuki Ertiga Merapah Trans Sumatera

Suzuki Ertiga melintasi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dalam event Merapah Trans Sumatera 2019, Rabu (28/8/2019).                            Kristianto Purnomo/Kompas.com Suzuki Ertiga melintasi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang dalam event Merapah Trans Sumatera 2019, Rabu (28/8/2019).

Tim juga sempat melintasi Jalan Lintas Sumatera yang cukup padat kendaraan besar dan sedikit berlubang sebelum kembali masuk ruas Palembang-Indralaya.

Tidak hanya memantau dan mengulik seputar kesiapan infrastruktur Tol Trans Sumatera saja, ekspedisi Merapah Trans Sumatera 2019 juga mengulas beberapa tempat wisata menarik yang ada. Tentu, kontur jalan makin beragam.

Suzuki Ertiga dan Baleno jadi kendaraan utama tim Merapah Trans Sumatera 2019KOMPAS.com/Kristianto Suzuki Ertiga dan Baleno jadi kendaraan utama tim Merapah Trans Sumatera 2019

Walau seperti itu, Ertiga masih sangat mumpuni untuk menunaikan perjalanan Merapah Trans Sumatera 2019. Mesin K15B, 4 silinder injeksi berkapasitas 1.462 cc, yang bisa menghembuskan tenaga sebesar 103 dk dan torsi maksimum 138 Nm berkerja baik. Mobil tak perlu ancang-ancang khusus untuk menerjang jalanan.

 

Tenaga putaran bawah yang disalurkan ke kaki-kaki untuk melangkah pun cukup mumpuni, terlebih ground clearance Ertiga sungguh pas untuk menyajikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Tak ada kendala signifikan selama perjalanan baik di Tol, Lintas Sumatera, maupun di jalan menuju beberapa tempat wisata sekitar Tol Trans Sumatera seperti limbung atau kesulitan handling.

Baca juga: 5 Tips Berkendara Melintasi Trans Sumatera 2019


Terlebih, mobil yang digunakan tim sudah disematkan teknologi ESP (Electronic Stability Program) yang bisa mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. Gejala understeer dan oversteer ketika berkendara tidak ditemui meski di satu titik, pengemudi harus berpindah jalur secara cepat karena ada alat konstruksi.

Fitur keamanan ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake force Distribution), dan BA (Brake Assist) juga menambah keamanan serta kenyamanan berkendara. Ketika melintasi jalanan berpasir maupun berbatu (krikil), kinerja rem tetap maksimal untuk menghentikan laju mobil tanpa ada upaya berlebih dari pengemudi.

Perjalanan tim Merapah Trans Sumatera 2019 KOMPAS.com/Roedrick Perjalanan tim Merapah Trans Sumatera 2019

Sebagai informasi, All New Suzuki Ertiga dan Suzuki Ertiga Sport yang kami gunakan masih dalam kondisi standar pabrikan. Tidak ada perubahan kaki-kaki, roda, serta lainnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X