Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil

Kompas.com - 14/08/2019, 12:31 WIB
Kulit jok sintetis Lederlux dengan varian baru Altro. Banyak keistimewaan kulit jok sintetis dibandingkan kulit asli. KompasOtomotif-Donny AprilianandaKulit jok sintetis Lederlux dengan varian baru Altro. Banyak keistimewaan kulit jok sintetis dibandingkan kulit asli.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jok mobil menggunakan pelapis dengan bahan yang berbeda-beda. Selain untuk menunjang estetika, pastinya juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Yussanto, Business Development Manager Lederlux Synthetic Leather, menjelaskan, saat ini ada empat jenis bahan pelapis jok mobil yang umum digunakan.

"Pertama, pelapis jok yang berbahan dasar wool atau benang, yang sering disebut fabric atau kain. Kedua, yang berbahan dasar PVC atau vinyl, yang sering disebut kulit sintetis," ujar Yussanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Berikut

Yussanto menambahkan, bahan dasar selanjutnya adalah microfiber, yang saat ini sedang populer. Terakhir, yang berbahan dasar kulit binatang, umumnya dari kulit sapi.

"Pelapis jok dengan bahan kualitas yang terbaik ini juga biasanya disebut original leather atau kulit asli," kata Yussanto.

Jok berdesain Pinto Acehist Jok berdesain Pinto Aceh

Untuk yang berbahan dasar kain, menurut Yussanto, nyaman untuk dipakai. Tapi, paling rentan terhadap kotoran, baik debu atau cairan. Sementara bahan sintetis dan microfiber, masih menurut Yussanto, jok dengan bahan dasar ini punya keunggulan mudah dibersihkan.

Baca juga: Pilihan Pelapis Kulit untuk Jok Mobil

"Untuk kulit asli, ini adalah bahan yang paling nyaman dibandingkan dengan bahan lain, yang sering digunakan juga di mobil-mobil premium. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari langsung," ujar Yussanto.

Namun, Yussanto juga mengatakan bahwa kulit asli akan lebih awet jika pemiliknya tahu bagaimana cara merawatnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X