Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ragam Pelapis Jok Mobil

Kompas.com - 14/08/2019, 12:31 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap jok mobil menggunakan pelapis dengan bahan yang berbeda-beda. Selain untuk menunjang estetika, pastinya juga harus bisa memberikan kenyamanan bagi para penggunanya.

Yussanto, Business Development Manager Lederlux Synthetic Leather, menjelaskan, saat ini ada empat jenis bahan pelapis jok mobil yang umum digunakan.

"Pertama, pelapis jok yang berbahan dasar wool atau benang, yang sering disebut fabric atau kain. Kedua, yang berbahan dasar PVC atau vinyl, yang sering disebut kulit sintetis," ujar Yussanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Modifikasi Jok Mobil, Perhatikan 7 Hal Berikut

Yussanto menambahkan, bahan dasar selanjutnya adalah microfiber, yang saat ini sedang populer. Terakhir, yang berbahan dasar kulit binatang, umumnya dari kulit sapi.

"Pelapis jok dengan bahan kualitas yang terbaik ini juga biasanya disebut original leather atau kulit asli," kata Yussanto.

Jok berdesain Pinto Acehist Jok berdesain Pinto Aceh

Untuk yang berbahan dasar kain, menurut Yussanto, nyaman untuk dipakai. Tapi, paling rentan terhadap kotoran, baik debu atau cairan. Sementara bahan sintetis dan microfiber, masih menurut Yussanto, jok dengan bahan dasar ini punya keunggulan mudah dibersihkan.

Baca juga: Pilihan Pelapis Kulit untuk Jok Mobil

"Untuk kulit asli, ini adalah bahan yang paling nyaman dibandingkan dengan bahan lain, yang sering digunakan juga di mobil-mobil premium. Akan tetapi, kurang kuat terhadap sinar ultraviolet yang bersumber dari matahari langsung," ujar Yussanto.

Namun, Yussanto juga mengatakan bahwa kulit asli akan lebih awet jika pemiliknya tahu bagaimana cara merawatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com