Kompas.com - 05/11/2018, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kursi pada kendaraan khususnya pada roda empat, didesain dengan  beragam pertimbangan supaya pengemudi bisa nyaman ketika mengendalikan mobil, begitu juga dengan penghuni lainnya di dalam kabin.

Berdasarkan buku Pengenalan Bodi Otomotif karangan Buntarto, tak hanya kenyamanan, bangku mobil juga dibuat supaya menunjang aktivitas mengemudi biar efektif dan efisien, saat mengoperasikan kendaraan.

“Prinsip mendasar dalam perencanaan bentuk yang menunjang kenyamanan tempat duduk, adalah desain fisik yang dihubungkan dengan struktur dan gerak organ tubuh manusia,” kata Buntarto.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mendesain bangku ini, bisa juga diaplikasikan saat pemilik kendaraan mau memodifikasi bangku mobil mereka. Berikut uraiannya.

Baca juga: Mobil Modifikasi, Waspada Kelistrikan saat Musim Hujan

Ilustrasi berkendara mobil di jalanTelegraph Ilustrasi berkendara mobil di jalan

Berikut 7 hal tersebut

1. Pertimbangkan ukuran tinggi sandaran tempat duduk.

2. Kedalaman dan lebar tempat duduk. Kedalaman tempat duduk disesuaikan dengan panjang tulang paha dan lebarnya sendiri, berdasarkan tulang panggul orang dewasa.

3. Sudut antara sandaran dan alas tempat duduk, harus sesuai dengan posisi paling nyaman saat mengmudi.

4. Profil (bentuk desain) sandaran dan alas tempat duduk, harus menjaga dan membuat posisi duduk lebih mantap, dengan mengikuti bentuk atau posisi tulang punggung yang tepat.

5. Jangan lewatkan sadaran kepala (head rest), sebagai perlengkapan penunjang agar leher tidak cepat lelah, dan menghindari cedera fatal saat mobil ditabrak dari belakang.

6. Letak atau posisi tempat duduk, diupayakan bisa mempermudah mengoperasikan instrument pendukung di dalam mobil.

7. Bahan penyusun bangku mobil. Umumnya kursi mobil dibuat dari bahan yang empuk dan lembut. Ini tujuannya buat menambah kenyamanan dan juga meredam getaran. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.