Kesalahan Umum Pakai AC Mobil di Musim Kemarau

Kompas.com - 09/07/2019, 12:42 WIB
Ilustrasi AC mobil djedzuraIlustrasi AC mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) menjadi perangkat vital pada mobil untuk menyejukan kabin, terlebih di musim kemarau seperti sekarang ini. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan melakukan kesalahan mendasar saat menyalakan fitur tersebut.

Edwin Dwi Novianto, Service Head Auto2000 Permata Hijau menyatakan hal, banyak pemilik kendaraan yang langsung mengandalkan AC saat mesin baru saja dihidupkan. Padahal, bila langsung menyalakan AC dalam pengaturan kipas maksimal, malah menyebabkan hawa panas hanya akan berputar di dalam kabin. 

"Baiknya, hidupkan AC dengan pengaturan blower setengah dahulu dan kondisi kaca pintu mobil terbuka. Khususnya jika sebelumnya kendaraan diparkir di luar (interior dalam kondisi panas)," katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga : Jangan Sembarangan Cuci Mobil Pakai Hidrolik

Biarkan kondisi tersebut setidaknya selama tiga sampai empat menit sampai temperatur dalam kabin terasa turun secara perlahan. Setelah itu pengendara bisa menutup kembali kaca mobilnya dan mengatur ulang kipas dan temperatur AC.

"Jadi kompresor AC tidak boros, lebih efektif," lanjut Edwin.

Selain itu, Edwin juga menyarankan kepada pengemudi mobil agar sesekali mengarahkan hembusan AC ke atas. Sehingga penumpang baris kedua juga bisa merasa hawa dingin dari AC mobil dalam jangka waktu yang lebih cepat.

"Embusan udara dari AC itu penting, bukan hanya temperaturnya. Sehingga sesekali boleh diarahkan ke atas agar dingin merata. Namun utamanya tetap diarahkan ke bagian interior dahulu," ujar Edwin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X