Jangan Sembarangan Cuci Mobil Pakai Hidrolik

Kompas.com - 09/07/2019, 10:22 WIB
Cuci mobil hidrolik Foto: OLXCuci mobil hidrolik

TANGERANG, KOMPAS.com - Tempat cuci mobil banyak ragamnya. Salah satunya yaitu cuci mobil dengan hidrolik, mobil diangkat ke atas dengan ketinggian tertentu supaya pembersihan kolong mobil lebih maksimal.

Dengan mengangkat mobil, pembersihan kolong memang lebih mudah dijangkau karena bagian kolong langsung terlihat. Prosesnya pun biasanya memakai spray gun bertekanan tinggi untuk merontokkan kotoran.

Baca juga: Marquez Mulai Waspadai Vinales dan Quartararo

Namun, hal tersebut juga tidak bisa sembarangan. Tekanan air yang sangat kuat bisa menggangu sejumlah piranti mobil, salah satunya yaitu piranti elektronik yang tersembunyi di bagian kolong.

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

" Mobil itu di bagian bawah banyak komponen. Terkadang kalau tekanan air terlalu tinggi bisa mengganggu dari komponen itu. Karena itu kita juga mesti hati-hati di bagian kolong mesin," kata Stephen Setyadi, Marketing Manager AutoGlaze, perusahaan penyedia jasa cuci mobil dan car care, di Tangerang, Senin (8/7/2019).

Baca juga: Masih Stabil, Berikut Banderol Low SUV di Juli 2019

Selain soal komponen, Stephen mengatakan ada sejumlah risiko jika mencuci mobil dengan hidrolik. Tak sedikit kejadian mobil jatuh karena hidrolik malfungsi.

"Pertama dari segi bisnis, investasi memakai hidrolik memang jauh lebih mahal. Kemudian, banyak juga kejadian, hidroliknya runtuh dan kalau hal tersebut sudah terjadi maka akan fatal sekali," kata Stephen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X