Impresi Kawasaki KLX 230, Nyaman di Dua Alam

Kompas.com - 27/06/2019, 12:06 WIB
Test Ride Kawasaki KLX 230 Foto: Bayu NurpatriaTest Ride Kawasaki KLX 230
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Setelah meluncur pada Mei 2019 lalu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) kini memberi kesempatan media termasuk Kompas.com untuk merasakan sensasi berkendara dengan KLX 230.

Kawasaki KLX 230 sendiri melakukan debut di Indonesia, diproduksi di pabrik KMI di Cibitung, Jawa Barat, dan siap diekspor ke penjuru dunia. Sehingga test ride kali ini menarik karena merupakan tes KLX 230 pertama di dunia.

Baca juga: Konsumen Rela Antre Lama Demi SUV BMW Berjuluk "The President"

KMI bersusaha membuat tes kali ini lebih berkesan. Kawasaki membagi tes sebanyak dua kali, pertama yaitu tes on road atau jalan raya, dan tes kedua di lakukan di sirkuit off road di Sirkuit Pakulon, Gading Serpong, Tangerang.

Posisi duduknya lebih landai ala KX-SeriesFoto: Batu Nurpatria Posisi duduknya lebih landai ala KX-Series

Ergonomi

Kubikasi mesin KLX 230 boleh lebih besar ketimbang saudaranya yaitu KLX 150, namun tinggi tempat duduknya ternyata sama. Tinggi jok KLX 230 yaitu 885 mm, sehingga yang sebelumnya sudah pernah mencoba KLX 150 dijamin familiar dengan posisi duduk KLX 230.

Bedanya, di KLX 230, Kawasaki mengubah bentuk joknya jadi lebih landai ala KX-Series. Posisi jok bisa sangat dekat ke lubang pengisian BBM. Membuat rider lebih enak memindahkan posisi badan ke arah depan saat mengerem dan lain-lain.

Awak Kompas.com dengan tinggi 168 cm harus jinjit ala balerina jika ingin naik KLX 230. Namun seperti disebutkan sebelumnya, posisi duduk dasarnya mirip dengan KLX 150, sehingga bukan kendala besar meski kaki tidak menjejak tanah.

Kawasaki KLX 230Foto: Bayu Nurpatria Kawasaki KLX 230

Akselerasi

KLX 230 mengusung mesin 233cc satu silinder SOHC, Fuel Injection, berpendingin udara, menghasilkan 18 tk pada 7,600 rpm dan torsi 19.8 Nm pada 6.100 rpm. Karakternya disebut galak diputaran bawah dan menengah.

Saat dicoba di trek aspal, tarikan pertama saat membuka gas terasa kuat. Kendati motor dual puspose, karakter KLX 230 masih enak untuk tarik-tarikan di jalan raya. Kondisi 0-8- kpj cepat diraih tanpa terengah-engah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X