Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Biker Melawan saat Jadi Incaran Begal?

Kompas.com - 15/05/2019, 14:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara motor kerap dijadikan target kejahatan di jalan raya. Salah satunya seperti yang dialami seorang pemotor di Jakarta yang videonya viral di media sosial.

Banyak yang menyayangkan biker tersebut tidak melawan saat motornya jadi sasaran begal. Dalam video tersebut biker bernama Reza berhasil menyelamatkan diri dari komplotan penjahat tersebut.

Lantas apakah biker dapat melawan penjahat yang mengincarnya? Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengungkapkan perlawanan dapat dilakukan jika memungkinkan.

“Jadi jika dapat melawan, silahkan melakukan perlawanan. Tapi baiknya lakukan tindakan preventif dengan tidak memilih jalan yang sepi,” ucap Nasir saat dihubungi Rabu (15/5/2019).

Baca juga: Viral Video Penjahat Gagal Begal Motor Biker

Hal senada diungkapkan instruktur keselamatan berkendara Rifat Drive Labs, Andry Berlianto. Menurutnya jika biker dapat melawan begal yang mengincarnya itu jadi pertahanan pertama.

“Misal ketika masih di atas motor bisa dengan melumpuhkan kendaraan lawan seperti menendang motornya atau menekan rem jika di sisi kanan,” ucap Andry.

Namun baiknya memang pengendara bertindak defensif bahkan sebelum berkendara. Seperti menentukan rute yang ramai, berkendara berkelompok dan menghindari jalan-jalan rawan kejahatan. 

“Melawan itu juga berbahaya terutama untuk diri sendiri. Jadi pastikan lakukan persiapan sebelum berkendara. Fokus, perhatikan sekeliling, dan berhenti di tempat aman untuk mencari pertolongan jika merasa diincar,” ucap Andry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com