Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Biker", Jangan Asal Cari Tempat Berteduh

Kompas.com - 23/11/2018, 18:23 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jas hujan menjadi salah satu senjata utama bagi pengguna motor saat menghadapi musim hujan. Namun bila curah hujannya cukup tinggi apalagi disertai angin kencang, maka tidak disarankan untuk terus melanjutkan perjalanan.

Pada situasi seperti ini, opsi yang disarankan adalah mencari tempat untuk berteduh sejenak. Namun begitu, pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengingatkan biker untuk mencari lokasi yang aman dan tidak menggangu ketertiban lalu lintas.

"Kita sudah tahu, dilarang untuk menggunakan kolong fly over atau underpass untuk berteduh karena menggangu kelancaran lalu lintas. Tapi selain menggangu, ada bahaya juga berteduh di kedua tempat itu. Bayangkan bila ada mobil yang melintas kencang tanpa mengetahui ada puluhan motor yang berteduh di sana, karena memang tempat itu bukan untuk berteduh," ucap Jusri kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2018).

Baca juga: Musim Hujan Pakai Cairan Anti-Fog di Helm, Perhatikan Ini

Jusri menyarankan para biker untuk mencari lokasi yang aman bila ingin berteduh. Aman yang dimaksud bukan hanya terhindar dari guyuran hujan, tapi juga mementingkan segi keselamatan baik bagi dirinya maupun pengguna jalan lain.

Sebuah pohon peneduh tumbang dan mengenai satu sepeda motor milik pengendara yang sedang berteduh di Jl Jendral Sudirman No.84 Babadan, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (18/11/2016) sekitar pukul 15.00.Kontributor Ungaran, Syahrul Munir Sebuah pohon peneduh tumbang dan mengenai satu sepeda motor milik pengendara yang sedang berteduh di Jl Jendral Sudirman No.84 Babadan, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (18/11/2016) sekitar pukul 15.00.
Contoh seperti singgah sejenak di halte, atau tempat yang tidak menggangu lalu lintas. Selain itu, Jusri juga meningatkan pengendara untuk memperhatikan kondisi lokasi saat berteduh, apalai dalam kondisi hujan deras dan angin kencang yang menimbulkan sejumlah pohon tumbang dan mengakibatkan kerusakan, bahkan sampai korban jiwa.

"Aman yang dimaksud pada segala aspek, jadi baiknya cari lokasi berteduh yang jauh dari pohon, atau bersifat bangunan yang kokoh. Bukan hanya mencari tempat singgah untuk menghindari basah dari air hujan saja," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com