Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Fokus Berkendara saat Puasa, Simak Ini

Kompas.com - 12/05/2019, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, kita dituntut untuk tetap berkonsentrasi penuh terhadap segala sesuatu yang ada di depan dan sekeliling. Saat puasa, tentu sebagian orang merasa sulit untuk menjaga konsentrasinya saat mengendarai mobil atau motor.

“Kondisi tubuh biasanya menjadi lebih lemas pada saat berpuasa, dan tentunya akan mempengaruhi kekuatan dan ketahanan saat mengemudi. Puasa dapat mempengaruhi fungsi kognitif dan memiliki efek langsung seperti kurangnya konsentrasi, menguap, dan mengantuk yang membuat pengendara tak menyadari keberadaan rambu lalu lintas,” terang dr. Daniel Bramantyo, dokter dari Rumah Sakit Pertamina Jaya, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Tips Jaga Kebugaran Ketika Berkendara Mudik di Bulan Puasa

Daniel menyarankan kepada setiap pengendara mobil atau motor untuk melakukan tiga hal mendasar, antara lain memenuhi asupan gizi, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan menghindari makanan pedas dan asam.

"Saat sahur, sebaiknya jangan pernah lupakan konsumsi karbohidrat kompleks yang ada di dalam nasi merah, ubi, jagung, roti gandum, dan makanan lainnya. Asupan protein dan lemak juga tidak boleh ditinggalkan, karena jika kita tidak mengkonsumsinya, dikhawatirkan badan akan mudah terasa lemah di siang hari," ujar Daniel.

Selain itu, ketika sahur atau berbuka, lebih baik mengkonsumsi jus buah yang dapat membantu proses pencernaan tetap lancar, sekaligus menjaga asupan vitamin dan nutrisi baik lainnya yang penting bagi tubuh.

Baca juga: Buat Bikers, Perhatikan Ini Saat “Riding” di Bulan Puasa

Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih delapan gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi.

Terakhir, Daniel menyarankan untuk menghindari makanan pedas dan asam selama berpuasa. "Makanan pedas dan asam dapat mengganggu fungsi lambung dan pencernaan,"kata dr. Daniel.

Jika sudah terkena asam lambung, dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi saat sedang berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com