Tips Jaga Kebugaran Ketika Berkendara Mudik di Bulan Puasa

Kompas.com - 11/06/2018, 11:26 WIB
Ilustrasi mudik SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan mudik Lebaran menjadi salah satu kegiatan yang cukup berat dilakukan para pengemudi terlebih di masa-masa puasa. Bagi pengemudi yang hendak melakukan perjalanan jauh perlu ada perhatian khusus.

Head of Provider Management Asuransi Astra dr. Doddy Permadi mengungkapkan untuk pengendara yang hendak melakukan mudik saat puasa baiknya memperhatikan asupan cairan saat sahur sebelum melakukan aktivitas berkendara menuju kampung halaman.

"Agar tetap bugar saat berkendara di waktu puasa intinya adalah minum yang cukup saat sahur serta buka puasa. Jatahnya sekitar 8 sampai 10 gelas atau kurang lebih dua liter air. Itu minimal," ucap Doddy yang dihubungi Senin (11/6/2018).

Doddy menambahkan untuk segi makanan, harus diperhatikan juga banyaknya gizi yang masuk ke dalam tubuh. Selama ini saat berpuasa yang diperbanyak justru asupan karbohidratnya seperti nasi untuk mencegah lapar. Ini langkah yang keliru.

Baca juga: Ribuan Konsumen Honda Berangkat Mudik Bareng

"Padahal kalau sahur itu banyak kalori yang tidak terpakai. Malah nanti menambah berat badan. Baiknya seimbang dengan ditambah buah-buahan," ucap Doddy.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Doddy mengingatkan selama proses mudik sambil berpuasa, pengemudi dilarang bermalas-malasan. Sempatkan untuk olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Puasa sendiri mempunyai efek detoxifikasi pada tubuh. Kita mengosongkan lambung maka akan mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi jangan juga jadi alasan untuk malas. Jaga kebugaran, makan seimbang dengan sayur dan buah, maka kegiatan mudik selama Lebaran bisa dilakukan tanpa halangan," ucap Doddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.