Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Bekas Favorit Jelang Puasa dan Lebaran

Kompas.com - 08/05/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, permintaan mobil bekas ikut meningkat. Masyarakat membutuhkan kendaraan bermotor untuk digunakan pulang ke kampung halaman di hari Lebaran.

Menurut Regional Manager Mobil88 Area Jakarta, Nurfitri Yanuarsyah, mobil yang banyak dibeli konsumen menjelang bulan puasa dan Lebaran ini tetap mobil keluarga atau yang memiliki kapasitas bagasi luas.

"Setiap tahun kalau mobil keluarga sudah pasti, pokoknya yang punya kapasitas tujuh penumpang," ucap Arsyah, panggilan akrabnya saat ditemui Kompas.com di Jakarta akhir pekan lalu.

Baca juga: Mobil Sejuta Umat Masih Primadona di Pasar Mobil Bekas

Segmen low multipurpose vehicle (LMPV), multipurpose vehicle (MPV), dan sport utility vehicle (SUV), kata Arsyah, cukup favorit. Misal, Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio, Innova, hingga Fortuner.

"Intinya yang tujuh penumpang, pada kenyataannya mau digunakan cuma sampai baris kedua, dan baris ketiga dijadikan bagasi juga tidak apa-apa, yang penting tiga baris," ujar Arsyah.

Ungkapan serupa juga dikatakan Herjanto Kosasih, Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua. Menurut dia, setiap tahun trennya selalu seperti itu, permintaan meningkat di segmen kendaraan multiguna.

"Kalau itu sudah jelas, setiap tahun mobil seperti Avanza, Xenia, Innova selalu laris apalagi menjelang puasa atau Lebaran," kata Herjanto kepada Kompas.com belum lama ini melalui sambungan telepon.

Ketersediaan Unit

Mengenai ketersediaan unit untuk mobil itu, lanjut Arsyah, sudah cukup banyak sehingga konsumen tidak perlu khawatir. Stok  telah ditambah atau diperbanyak setengah dari jumlah biasanya.

"Contoh, kalau untuk LMPV kita bulan biasa menyediakan sekitar 50 unit, sekarang ada 75 unit. Itu contoh. Tetapi jumlah yang kita punya lebih dari itu, cukup banyak dan bisa memenuhi semua permintaan konsumen," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com