Kompas.com - 09/05/2019, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ban radial banyak dipakai untuk motor sport 250 cc ke atas, maka jenis yang sama ternyata tidak cocok untuk skutik dan bebek. Sebab teknologi pada ban radial akan mubazir jika diaplikasikan ke motor skutik dan bebek.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa ban skutik dan bebek belum radial sehingga masih menggunakan konstruksi jenis bias.

Baca juga: Taktik 'Setengah Hati' Suzuki Motor

"Kalau skutik dan bebek belum butuh radial, sebab kecepatan motornya juga tidak sekencang motor sport. Terus juga jarak dan waktu pemakaian, motor sport dan touring sering dipakai jarak jauh apalagi yang kerap ke luar kota ya. Jadi mereka butuh untuk high speed dan cornering, kalau skutik dan bebek belum," kata Dodi kepada Kompas.com.

Dodi menjelaskan, motor gede atau motor sport 250 cc ke atas punya bobot yang lebih berat ketimbang skutik dan bebek. Karena bobotnya berat maka daya tekan motor ke ban juga lebih besar, sedangkan ban terus bergesekan dengan aspal.

Jajaran motor bebek yang adad di Telkomsel IIMS 2019 Jajaran motor bebek yang adad di Telkomsel IIMS 2019

"Gesekan itu menghasilkan panas di dalam ban. Makanya kalau kita isi angin beda dari semula, misal 18 psi, waktu dipakai jalan tekanannya naik jadi 20 psi. Untuk skutik dan bebek belum perlu yang seperti itu," kata Dodi.

Baca juga: Ganti Lampu Depan Skutik Bongsor, Tembus Jutaan Rupiah

Selain bobot motor, pria ramah ini mengatakan, hal lain mengapa skutik dan bebek belum perlu ban radial karena kedua jenis motor ini tidak diperuntukkan buat perjalanan jauh.

"Skutik dan bebek kita lihat peruntukannya memang bukan buat motor jarak jauh. Beda dengan motor sport atau touring yang dipakai lama di jalan. Paling lama kita naik skutik dan bebek di dalam kota paling 1 atau 2 jam," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.