Ban Depan dan Belakang X-ADV Beda Ukuran

Kompas.com - 08/05/2019, 09:25 WIB
Honda X-ADV memiliki ID Number yang tidak boleh dihilangkan oleh pemiliknya.Donny Dwisatryo Priyantoro Honda X-ADV memiliki ID Number yang tidak boleh dihilangkan oleh pemiliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan skutik adventure, X-ADV, di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Uniknya, skutik ini dibekali dengan ban depan dan belakang yang berbeda ukuran.

Meskipun tergolong skutik, namun motor ini bisa diperuntukkan adventure atau off-road. Layaknya motor garuk tanah pada umumnya, kaki-kakinya pun menggunakan ukuran yang berbeda antara depan dengan belakang.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM, menjelaskan bahwa ukuran ban depan yang lebih besar dari ban belakang berguna untuk meningkatkan kestabilan saat berkendara.

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Shock Belakang Sudah Minta Ganti

"Selain itu, diameter ban yang besar juga meningkatkan kenyamanan saat motor harus melintas di medan yang bergelombang. Jarak main suspensi depan yang lebih panjang juga membantu pengendara melewati medan-medan yang berat," ujar Endro, saat bedah teknologi X-ADV di Telkomsel IIMS 2019, belum lama ini.

Motor adventure juga umumnya dibekali dengan pelek jari-jari. Lerry Rahmat Rizky, modifikator Caos Custom Bike, menjelaskan bahwa pelek jari-jari lebih fleksibel dan dirancang untuk kekuatan dan ketahanan.

"Kalau pelek palang, itu untuk motor-motor on-road, karena biasanya pelek tersebut lebih ringan. Jadi, semakin ringan, maka power dari mesin bisa tersalurkan dengan lebih baik. Selain itu, pelek palang juga lebih kaku, jika dipakai off-road bisa berisiko pecah," terang Lerry.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X