Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2019, 09:25 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan skutik adventure, X-ADV, di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Uniknya, skutik ini dibekali dengan ban depan dan belakang yang berbeda ukuran.

Meskipun tergolong skutik, namun motor ini bisa diperuntukkan adventure atau off-road. Layaknya motor garuk tanah pada umumnya, kaki-kakinya pun menggunakan ukuran yang berbeda antara depan dengan belakang.

Endro Sutarno, Technical Service Division AHM, menjelaskan bahwa ukuran ban depan yang lebih besar dari ban belakang berguna untuk meningkatkan kestabilan saat berkendara.

Baca juga: Cara Mudah Ketahui Shock Belakang Sudah Minta Ganti

"Selain itu, diameter ban yang besar juga meningkatkan kenyamanan saat motor harus melintas di medan yang bergelombang. Jarak main suspensi depan yang lebih panjang juga membantu pengendara melewati medan-medan yang berat," ujar Endro, saat bedah teknologi X-ADV di Telkomsel IIMS 2019, belum lama ini.

Motor adventure juga umumnya dibekali dengan pelek jari-jari. Lerry Rahmat Rizky, modifikator Caos Custom Bike, menjelaskan bahwa pelek jari-jari lebih fleksibel dan dirancang untuk kekuatan dan ketahanan.

"Kalau pelek palang, itu untuk motor-motor on-road, karena biasanya pelek tersebut lebih ringan. Jadi, semakin ringan, maka power dari mesin bisa tersalurkan dengan lebih baik. Selain itu, pelek palang juga lebih kaku, jika dipakai off-road bisa berisiko pecah," terang Lerry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com