Pentingnya "Perban Knalpot" pada Sepeda Motor Kustom

Kompas.com - 08/05/2019, 09:02 WIB
Kain pembungkus knalpot motor. Stanly/OtomaniaKain pembungkus knalpot motor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pecinta motor custom sekarang ini yang menggunakan perban di bagian leher knalpot. Perban ini yang dinamakan exhaust wrap atau thermo cool. Namun, tak semuanya paham fungsi dari benda yang satu ini.

Banyak pecinta motor custom yang masih mengira perban ini hanyalah aksesori belaka, karena banyak motor custom lainnya yang menggunakannya. Mereka menggunakan exhaust wrap ini pada leher knalpot motor yang masih standar.

Baca juga: Ingin Motor Custom Ala Jokowi? Ini Harganya

Andi Akbar, builder dari Katros Garage, menjelaskan bahwa penggunaan exhaust wrap ini untuk meredam panas yang mengalir pada pipa knalpot. Umumnya, digunakan pada knalpot custom yang aliran pipanya berdekatan dengan kaki pengendara.

Dahulu, exhaust wrap banyak digunakan pada motor Harley-Davidson, karena pipa knalpotnya besar dan berdekatan dengan kaki pengendara. Jadi, lebih kepada unsur safety, bukan hanya estetika.

Baca juga: Cara Bengkel Langganan Jokowi Ini Perkenalkan Komponen Custom

"Motor-motor bergaya tracker atau scrambler kebanyakan menggunakan exhaust wrap, karena pipa knalpotnya yang berada tepat di samping kaki pengendara," ujar pria yang akrab disapa Atenx tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Selain melindungi kaki, exhaust wrap juga bisa melindungi kabel-kabel yang ada di area yang dilewati knalpot agar tidak meleleh atau terbakar.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X