Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Ini Perjuangkan Motor Bisa Masuk Jalan Tol

Kompas.com - 06/05/2019, 03:04 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo terus memperjuangkan agar sepeda motor boleh melintas di jalan Tol. Dia berusaha meyakinkan pemerintah dengan segala usaha agar memberikan izin tersebut.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet, pengendara motor juga memiliki hak sama seperti pengemudi mobil. Tetapi kata dia paling penting, demi keamanan dan keselamatan bersama-sama.

"Sebagai contoh di Bali, sejak ada tol dan motor boleh melintas jumlah kecelakaannya kecil sekali. Tetapi memang harus diberikan jalan khusus, tidak bersatu dengan jalur mobil," ujar Bamsoet di arena Telkomsel IIMS 2019, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Bamsoet mengakui bahwa tidak mudah untuk menerapkan kebijakan seperti ini, tetapi jika tidak dimulai dan diperjuangkan tak akan terlaksana. Oleh sebab itu, dia terus berusaha meyakinkan pemerintah, sambil memikirkan seperti apa aturannya.

Baca juga: Motor Masuk Tol Belum Sesuai dengan Aspek Keselamatan

"Ingat ini bukan untuk motor besar (moge) saja, tetapi untuk semua motor. Kalau dibuat jalur khusus seperti di Tol Bali mungkin bisa dilaksanakan," kata dia.

Dia berharap pemerintah bisa mengabulkan permohonan tersebut, agar para pengguna motor di Indonesia memiliki hak yang sama, dan paling penting adalah demi meningkatkan keselamatan berkendara.

"Saya yakin pemerintah akan mendengar desakan yang diinginkan masyarakat, terutama pengendara motor dan semoga bisa segera terlaksana," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com