Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Touring ke Himalaya, Gunadi Masuk Tol Lintas Malaysia

Kompas.com - 05/09/2018, 16:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pria Indonesia yang sedang menjalankan misi mencapai Himalaya naik sepeda motor, Gunadi (41) telah hampir mencapai Thailand. Sebelum sampai di Negeri Gajah Putih tersebut, Gunadi menjelajahi Malaysia selama sekitar tiga hari.

Dalam perjalanan menuju perbatasan Malaysia-Thailand, Gunadi sempat menjajal jalan tol di negeri jiran tersebut dengan motornya. Peraturan di negeri jiran memang memperbolehkan motor masuk ke jalan tol.

"Di Malaysia hampir 90 persen jalan utama berbentuk tol (highway). Di jalan tol tersebut motor bebas masuk berkendara bahkan tidak dikenakan bayar tiket. Hal yang paling penting adalah taat rambu lalu lintas di manapun kita berada," kata Gunadi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/9/2018).

Baca juga: Tinggalkan Indonesia, Gunadi Mulai Menyebrang ke Malaysia

Biker yang tengah dalam misi ke Himalaya, Gunadi (41) sebelum meninggalkan wilayah Indonesia dari Pelabuhan Tanjung Balai Asahan menuju Port Klang, Malaysa, Senin (3/9/2018).Dokumentasi/Gunadi Biker yang tengah dalam misi ke Himalaya, Gunadi (41) sebelum meninggalkan wilayah Indonesia dari Pelabuhan Tanjung Balai Asahan menuju Port Klang, Malaysa, Senin (3/9/2018).

Gunadi bertolak dari Jakarta pada 26 Agustus silam. Setelah sepekan, ia akhirnya tiba di Tanjung Balai Asahan.

Dari kota kecil yang berada di Sumatera Utara tersebut, Gunadi kemudian menyeberang dengan kapal ke Port Klang, Malaysia. Saat di Malaysia, Gunadi menyempatkan diri singgah ke salah satu pabrik perlengkapan adventure di Bandar Bukit Beruntung, Selangor. Dalam kunjungannya ke pabrik tersebut, Gunadi sempat diberi tenda. 

"Setelah berkunjung ke pabrik GIVI di Selangor, motor Indonesia kemudian bergerak menuju arah perbatasan Malaysia-Thailand," tulis Gunadi.

Baca juga: Touring Jakarta-Himalaya, Gunadi Banyak Dicegat Bikers Sumatera

Total jarak yang akan ditempuh oleh Gunadi dari Jakarta-Himalaya mencapai 15.000 kilometer. Ia dijadwalkan tiba di Himalaya saat peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com