Honda Benly S110, Motor Impor Klasik dengan Mesin Unik

Kompas.com - 03/05/2019, 17:24 WIB
Honda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unik Kompas.com/DonnyHonda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unik

JAKARTA, KOMPAS.com - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto motor-motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat sore, di kanal otomotif Kompas.com.

Pada pekan keempat ini, awak redaksi mengajak pembaca untuk berkenalan dengan motor lawas dari Honda, yakni Honda S110 atau yang lebih dikenal dengan Honda Benly. Motor yang diimpor oleh Federal Motor pada tahun 1973 hingga 1977.

Baca juga: RX-King 20th Anniversary, Motor Legendaris di Indonesia

Menilik sedikit sejarahnya, nama Benly sebenarnya sudah dipakai oleh Honda untuk motor bermesin dua silinder. Namun, mereka menghidupkannya kembali dengan spesifikasi yang lebih kecil. Honda Benly muncul beberapa saat setelah Honda S90 dan 90Z didiskontinu di Indonesia.

Secara bentuk, motor ini terlihat lebih padat dibanding kedua motor tersebut. Honda Benly terdiri dari dua model. Untuk model pertama, lebih dikenal dengan julukan Benly Kotak. Hal ini mengacu pada bentuk tangki dan tutup aki yang dibuat mengotak.

Baca juga: BMW R27, Motor Legendaris dengan Suspensi yang Khas

Lalu pada tahun 1974, motor ini mengalami facelift dan dikenal dengan Honda Bulat, karena bentuk tangki dan tutuk aki membulat dan lebih kecil. Uniknya Honda Benly juga terletak pada konfigurasi valvetrain, dimana motor ini menggunakan tenologi OHV pushroad, bukannya OHC seperti umumnya motor Honda 4-tak.

Honda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unikKompas.com/Donny Honda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unik

"Benly di Indonesia populasinya cukup banyak, tapi peminatnya yang sedikit. Hal ini dikarenakan mesinnya tidak ada persamaan dengan Honda tipe lain, sehingga onderdilnya agak sulit didapat" terang Surya Hidayat, selaku kolektor motor klasik.

Surya menambahkan, harganya sendiri sekarang berkisar Rp 8 juta hingga Rp 10 jutaan, tergantung dari bagaimana kondisinya. "Untuk saat ini, mungkin kondisi full orisinil bisa laku sekitar Rp 20 jutaan," ujar Surya.

Honda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unikKompas.com/Donny Honda Benly S110 merupakan motor klasik Jepang dengan mesin yang unik

Untuk melihat sketsa roda dua lainnya dari Oni, bisa langsung kunjungi akun Instagram miliknya, @_akune.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.