Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW R27, Motor Legendaris dengan Suspensi yang Khas

Kompas.com - 26/04/2019, 15:08 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Awak redaksi kali ini coba menghadirkan foto motor-motor spesial (collectible item) dalam bentuk goresan sketsa hasil karya Oni Faristiwa. Liputan karya seni berupa goresan tersebut akan hadir reguler setiap Jumat sore, di kanal otomotif Kompas.com.

Pada pekan ketiga ini, awak redaksi mengajak pembaca untuk kembali mengingat BMW R27 yang legendaris. Motor antik yang satu ini bisa dibilang sangat terkenal di eranya.

Baca juga: RX-King 20th Anniversary, Motor Legendaris di Indonesia

BMW R27 juga punya cerita unik tersendiri. Pasalnya, motor ini sangat mirip dengan pendahulunya, yakni R26. Sulit membedakan antara R26 dengan R27, harus ekstra jeli untuk bisa kenali perbedaannya.

R26 sendiri diproduksi antara tahun 1956 sampai 1960. Lalu, dilanjutkan R27 yang diproduksi antara tahun 1960 sampai 1966.

Baca juga: Honda Monkey, si Monyet Kecil nan Klasik

Ciri khas yang membuat motor ini terletak di bagian suspensinya yang menggunakan lengan ayun. BMW mengklaim suspensi model ini jauh lebih nyaman dibanding dengan model plunger.

BMW R27Donny Dwisatryo Priyantoro BMW R27

"Menurut saya unik sekali, suspensi depannya menggunakan sistem lengan ayun dan penggerak rodanya menggunakan gardan," ungkap Oni Faristiwa, perupa sketsa BMW R27, kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Untuk bagian sasis sebenarnya sama, hanya ada sedikit perbedaan di bagian pegangan untuk sespan. Pada R27 dibutuhkan pegangan tambahan yang bisa dibongkar pasang. Sementara pada R26 sudah tersedia langsung di sasis.

Salah satu perbedaan yang paling signifikan ada di bagian pegangan atau mounting mesinnya. Pada R26, mesinnya dipasang langsung di sasis. Sementara R27, sudah menggunakan mounting karet untuk meredam getaran.

Perbedaan paling signifikan lainnya sebenarnya ada di bagian dalam mesin. Pasalnya, mesin R27 mengalami peningkatan tenaga, dari 15 tenaga kuda pada R26, menjadi 18 tenaga kuda.

BMW R27 sekarang ini juga termasuk barang yang langka. Untuk bahan saja, motor ini dihargai tak kurang dari Rp 30 juta.

Untuk melihat sketsa roda dua lainnya dari Oni, bisa langsung kunjungi akun Instagram miliknya, @_akune.

Data spesifikasi BMW R27:
Mesin : OHV Single
Bore / stroke : 68 mm x 68 mm
Rasio kompresi : 8.2:1
Top speed : 130 km/jam
Power : 18 hp @ 7.400 rpm
Transmisi : 4 percepatan
Berat : 162 kg
Kapasitas tangki bahan bakar : 15 liter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com